Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 15, 2021, 15:00 WIB
Last Updated 2021-03-15T08:00:34Z
BojonegoroViewer

Banjir Bandang Terjang 120 Rumah Warga


BOJONEGORO - Akibat banjir tersebut, setidaknya 120 rumah warga di dusun sugihan, desa kedungsumber, tergenang luapan air dengan ketinggian antara 30 hingga 40 sentimeter.

Selain menggenangi rumah dan pekarangan warga, banjir juga menggenangi 10 hektare sawah milik warga dusun setempat, yang ada tanaman padi dan bawang merah.

Banjir tersebut mulai terjadi sekitar pukul 18.45 wib dan sekitar 90 menit berikutnya atau pukul 20.15 wib banjir mulai surut, tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut, sementara kerugian material masih dalam pendataan petugas.

Kepala desa kedungsumber, sukardi menjelaskan bahwa kronologi kejadian tersebut bermula saat hujan deras mengguyur sejak sore hari di wilayah kecamatan gondang dan temayang, yang mengakibatkan sungai soko yang melintas di dusun sugihan, desa kedungsumber, meluap yang mengakibatkan tergenangnya rumah penduduk dan persawahan, serta jalan raya jurusan bojonegoro-nganjuk.

Pihaknya juga menambahkan bahwa dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tanggul sudetan tersebut longsor dan menutupi aliran sungai, yang kemudian tanggul sungai lama jebol.