Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, April 20, 2021, 16:17 WIB
Last Updated 2021-04-22T08:47:27Z
TubanViewerViral

Berkah Ramadhan, Petani Melon Di Tuban Panen Melimpah


TUBAN - Sentra pertanian melon di desa klotok, kecamatan plumpang, kabupaten tuban, mulai terlihat sibuk. Tanaman melon yang dirawat selama dua bulan terakhir, kini telah memasuki masa panen. Sehingga para petani berbondong-bondong terjun ke sawah untuk memetik hasil jerih payahnya.
 
Hasil panen kali ini cukup baik dan melimpah. Satu hektar lahan mampu menghasilkan sekitar tiga puluh ton buah melon segar. Bahkan buah melon yang dihasilkan berukuran ideal antara 3 sampai 4 kilogram per buah. Ukuran ini yang sangat diminati pembeli, karena bisa habis sekali kupas.
 
Keberhasilan ini tak lepas dari usaha dan kerja keras para petani. Mereka menerapkan sistem empat buah pada setiap batang tanaman, sehingga nutrisi yang masuk terbagi empat.

Sebab, jika dibuat sistem satu batang menghasilkan satu atau dua buah, maka buah yang dihasilkan terlalu besar. Ukuran ini tidak diminati toko buah maupun swalayan, karena sulit laku.
 
Bulan suci ramadhan menjadi berkah bagi petani maupun tengkulak buah melon. Tingginya permintaaan membuat harga buah melon terdongkrak mencapai rp8.000 per kilogram, dari bisanya rp5.000 per kilogram.
 
Melon petani ini, tak hanya masuk pasar lokal, buah melon tuban juga dikirim ke sejumlah kota besar. Seperti jakarta, bali, kalimantan, dan jogjakarta. Harga yang dipatok dari petani cukup.
 
Tingginya harga buah melon dipastikan membuat petani untung besar. Pada panen kali ini petani mampu menerima sekitar dua ratus juta rupiah untuk satu hektar lahan buah melon yang dirawat.