Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, April 12, 2021, 14:16 WIB
Last Updated 2021-04-12T07:16:11Z
Pojok PituViewerViral

Petani Bunga Pacar Air Banjir Pesanan Untuk Tradisi Nyekar


JOMBANG - Para petani di desa dukuhklopo, kecamatan peterongan, jombang ini terus memanen bunga pacar air dilahannya. Dengan mempekerjakan buruh pemetik bunga para petani  berusaha memenuhi pesanan pelanggannya.
 
Sejak sebulan terakhir  menjelang datangnya bulan ramadhan permintaan sudah mulai meningkat.  Masa panenpun sudah mulai sehingga mereka harus memanen bunga pacar air yang menjadi andalan petani di desa  ini. Jika tidak segera dipanen bunga bisa rontok.  Para buruh petik inipun  terus memetik bunga warna merah yang biasa digunakan nyekar warga.
 
Sutaji salah satu petani mengaku  harga bunga pacar air naik tajam sejak sebulan terakhir. Jika sebelumnya hanya dijual 15 ribu rupiah perkilo, kini menjadi 35 ribu rupiah perkilo. Sedangkan dalam setiap hektare lahan petani bisa menghasilkan sekitar satu ton setiap minggunya.

Selain banyak terdapat petani bunga pacar air desa dukuhklopo juga banyak terdapat pedagang bunga yang dipergunakan untuk ziarah kubur ataupun nyekar. Seperti bunga kenanga, mawar dan bunga gading. Petani di desa ini biasanya menyuplai kebutuhan bunga yang digunakan nyekar ke sejumlah kawasan  di jawa tengah dan jawa timur.