Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, April 6, 2021, 09:56 WIB
Last Updated 2021-04-06T02:56:32Z
Pojok PituViewer

Unik, Komunitas Di Nganjuk Jual Pakaian Bayar Seihlasnya


NGANJUK - Lapak yang berada di taman kertosono ini menjual pakaian bekas dengan harga seikhlasnya. Pakaian yang dijualpun beraneka ragam. Ada baju sekolah, celana, sarung, baju wanita dewasa dan anak anak dan jenis pakain lainnya. Semua berasal dari donasi warga dan masih layak pakai.

Cara pembayarannya pun juga unik, yaitu pembeli hanya membayar semampunya, dan uang di masukkan kedalam kardus. Hasil penjualan juga akan disalurkan untuk kegiatan sosial, berupa  nasi bungkus yang di bagikan gratis kepada masyarakat, tiap hari jumat.

Aksi sosial itu bermula ketika komunitas ini mengumpulkan donasi untuk korban banjir di jombang. Karena sisa donasi masih banyak, dan dari pada terbuang sia sia, ia berinisiatif menjual baju layak pakai itu kepada warga yang membutuhkan.

Salah satu pembeli, dewi rahayu, warga pandantoyo, kecamatan kertosono, nganjuk mengaku bangga dengan komunitas anak muda ini. Meskipun ia belum membutuhkan baju, tetapi ia tetap membeli dengan membayar seiklasnya, sebagai bentuk kepedulian.

Sementara menurut wahyu dian prakoso, anggota komunitas sekolah pelangi. Aksi sosial ini bertujuan untuk membantu warga yang kurang mampu dan sebagai salahsatu upaya pengumpulan donasi.

Pasar rakyat, dari rakyat, untuk rakyat dan bayar seihklasnya ini akan terus dilakukan tiap hari minggu. Para komunitas ini berharap, kegiatan serupa dan ada upaya yang sama dilakukan komunitas lain di daerah, untuk membantu sesama.