Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, June 23, 2021, 15:26 WIB
Last Updated 2021-06-23T08:26:40Z
BojonegoroViewerViral

Petani Sukses Budidaya Jeruk Siam Dengan Omzet Puluhan Juta Rupiah


BOJONEGORO - Di masa pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir. Ternyata tidak banyak berdampak pada para petani jeruk siam, di desa tulungrejo, kecamatan trucuk, kabupaten bojonegoro.

Bahkan, budidaya jeruk yang mereka tanam sejak lima tahun lalu, terus berkembang, hingga menghasilkan buah yang melimpah. Dampaknya, kini penghasilan mereka pun meningkat drastis. Jeruk siam yang mereka budidayakan, mampu tumbuh subur, dengan buah yang cukup lebat.

Tak tanggung-tanggung. Dari hasil budidaya jeruk siam ini. Petani setempat, mampu meraup untung yang cukup besar, mencapai rata-rata 30 juta rupiah sekali panen.

Salahsatu petani, suemi menuturkan, dengan perawatan yang baik. Jeruk siam yang memiliki nama latin citrus nobilis ini, ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dari 150 pohon yang ditanamnya, rata-rata mampu menghasilkan hingga satu kwintal buah jeruk per hari.

Selain buahnya yang lebat. Harga jual jeruk siam di pasaran juga relatif tinggi, yakni mencapai 10 ribu rupiah per kilogram. Dengan harga tersebut. Suemi mengaku mampu meraup omzet rata-rata hingga 1 juta per hari.

Melihat tingginya permintaan jeruk siam di pasaran, pemerintah kecamatan dan desa setempat, bertekad terus mengembangkan budidaya jeruk siam ini.

Tak sekedar mengambil manfaat dari buahnya. Guna menopang perekonomian warga. Saat ini perkebunan jeruk yang sudah ada, juga mulai dirintis, dan di poles menjadi agro wisata desa. Area perkebunan pun, kini mulai banyak dikunjungi warga maupun wisatawan lokal dari sekitar wilayah bojonegoro.