Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, June 15, 2021, 15:48 WIB
Last Updated 2021-06-15T08:48:02Z
BojonegoroViewerViral

Sungai Bengawan Solo Diduga Tercemar, DLH Bojonegoro Segera Lakukan Pengujian


BOJONEGORO -Kondisi sungai bengawan solo, khususnya di wilayah barat kabupaten bojonegoro beberapa hari terakhir ini diduga tercemar limbah, karena kondisi airnya berubah warna menjadi coklat kehitam-hitaman.

Menyikapi hal tersebut, dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten bojonegoro akan segera melakukan pengecekan dan mengambil sampel air untuk dilakukan pengujian, agar diketahui apakah kondisi air sungai bengawan solo di wilayah kabupaten bojonegoro saat ini telah melebihi ambang batas baku mutu yang diizinkan atau belum.

Selain itu, dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten bojonegoro juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi jawa timur agar dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi jawa tengah, yang disinyalir menjadi sumber atau asal dari limbah pencemaran tersebut.

Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten bojonegoro, hanafi mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan terkait kondisi air sungai bengawan solo yang diduga tercemar. Hanafi menjelaskan bahwa kondisi air sungai bengawan solo yang berubah warna sebenarnya bukan terjadi kali ini saja, namun sudah sering terjadi pada tahun-tahun sebelumnya dan dipastikan sumber pencemaran tersebut bukan dari wilayah kabupaten bojonegoro, namun berasal dri wilayah hulu.

Hanafi menambahkan bahwa pencemaran di sungai bengawan solo ini dipastikan berasal dari daerah hulu yang limbahnya berasal dari industri tekstil dan limbah pemotongan hewan.

Saat ini dinas lingkungan hidup kabupaten bojonegoro juga akan melaporkan kondisi dugaan tercemarnya sungai bengawan solo ini kepada pemerintah provinsi jawa timur, agar nantinya dapat dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi jawa tengah, yang disinyalir menjadi sumber atau asal dari limbah pencemaran tersebut.