Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, September 18, 2021, 14:18 WIB
Last Updated 2021-09-18T07:33:00Z
Pojok PituViewerViral

Bisnis Unik Jasa Kawin Kambing, Raup Puluhan Juta Rupiah Perbulan


BLITAR - Nuryati,warga pinggiran desa ampel gading, kecamatan selorejo, kabupaten blitar, menekuni usaha unik jasa perkawinan kambing peranakan etawa. Usaha yang menurutnya sangat menguntungkan ini, ia tekuni sejak tiga tahun terakhir.

Dengan memiliki 8 ekor kambing pejantan bertubuh kekar miliknya tersebut, setiap hari nuryati bisa melayani jasa pembuahan 5 hingga 6 kambing betina, dengan tarif sekali perkawinan 300 ribu.

Dalam sebulan, nuryati bisa mendapatkan hasil bersih lebih dari 17 juta rupiah.

Menurut nuryati, bisnis jasa kawin kambing, baginya sangat menghasilkan bisa menjadi ladang pendapatan keluarga. Pasalnya, pengguna jasa layanan sepanjang masa tetap banyak, terutama kalangan peternak kambing etawa pedesaan.

Nuryati  mengaku, memulai usaha ini dengan meminjam uang untuk modal membeli kambing pejantan kepada kepala desanya. Selama ini menjalankan usahanya dibantu oleh putranya. Sedangkan  hasil yang di dapat  dari jual jasa perkawinan kambing , selain untuk membeli pakan  rumput , nutrisi, juga membangun rumah, membeli tanah serta mengembangkan usaha budidaya kambing ,

Nuryati menambahkan, akan terus mengembangkan usahanya dengan menambah jumlah kambing penjantan serta akan memperluas  jasa layanan melalui off line dan  online .