Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, September 14, 2021, 13:57 WIB
Last Updated 2021-09-14T07:20:03Z
BojonegoroViewerViral

Jembatan Glendeng Diperbaiki, Jasa Penyeberangan Perahu Ketiban Rejeki


BOJONEGORO - Penutupan jembatan glendeng yang menghubungkan desa simo, kecamatan soko, kabupaten tuban dengan desa kalirejo, kecamatan,kabupaten bojonegoro, membawa berkah tersendiri bagi penyedia jasa penyeberangan perahu tradisional.

Penutupan itu dimanfaatkan sebagian warga sekitar jembatan untuk membuka jalur alternatif dengan mengoperasikan penyeberangan tradisional menggunakan perahu kayu bermesin, untuk menyeberang sungai bengawan solo.

Salah satu warga penyedia jasa penyeberangan perahu, hermanuadi mengaku mengoperasikan perahu sewaan miliknya sudah tiga hari yang lalu, sejak penutupan jembatan di hari pertama.

Pada tiap-tiap penumpang pengendara motor dikenai tarif sebesar Rp. 3.000, sedangkan pengendara sepeda kayuh atau onthel cukup membayar Rp. 1.000 saja, sementara untuk pelajar tidak dikenakan biaya alias gratis.

Herman juga menjelaskan bawah dalam sehari, jasa penyeberangan tambangan dibagi dua sif kerja, masing-masing sif diawaki 4 orang, sehingga total ada 8 orang. Untuk sif pertama mulai pukul 05.00 wib sampai 13.00 wib, sementara untuk sif kedua mulai pukul 13.00 wib hingga pukul 22.00 wib. Dari dua sif itu, setiap hari herman mangaku rata-rata mendapatkan omzet sekitar Rp 1,2 juta.