Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, September 21, 2021, 15:22 WIB
Last Updated 2021-09-21T09:00:45Z
BojonegoroViewerViral

Pipa Minyak Mentah Pertamina Bocor, Cemari Sungai


BOJONEGORO - Pipa minyak milik pertamina ep field cepu yang berada di dusun ngelo desa tambakromo, kecamatan malo, kabupaten bojonegoro bocor, hingga menggenangi sungai yang tepat berada di bawahnya.

Mengetahui ada kebocoran pipa minyak mentah, sontak membuat sebagian warga setempat beramai-ramai menyelamatkan minyak yang mengalir ke sungai dengan alat seadanya. Minyak minyak tersebut dituangkan di terpal yang dibuat seperti kolam yang kemudian diwadahi jirigen penampungan.

Salah seorang warga menuturkan, kejadian kebocoran pipa minyak itu terjadi sejak kemarin malam. Kebocoran itu, diduga warga terjadi akibat pipa distribusi mengalami korosi. Hingga sore ini, petugas masih berusaha melakukan pembersihan kali dan perbaikan pipa.

Sementara dalam keterangan pers yang dikirim melalui wa kepada wartawan, pertamina ep cepu field masih terus berupaya menyelesaikan dampak kebocoran pipa. Setelah terindikasi adanya kebocoran, perusahaan langsung menghentikan pemompaan dan menutup block valve di dekat lokasi kejadian sehingga fluida seketika dapat dihentikan.

Untuk mengendalikan minyak tidak mengalir lebih jauh, maka petugas telah melakukan pemasangan safety line dan penyekatan sungai. Selanjutnya, tim penanganan pertamina ep terus melakukan upaya untuk memperbaiki kebocoran trungline spu kawengan ke mos menggung di desa tambakromo.