Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, September 21, 2021, 15:44 WIB
Last Updated 2021-09-21T09:02:00Z
TubanViewerViral

Polantas Tuban Gelar Vaksin Keliling Sasar Gelandangan Dan Tunawisma


TUBAN - Berbagai upaya dilakukan sejumlah pihak untuk mempercepat capaian vaksinasi covid-19 di kabupaten tuban. Kawasan pantai dan pasar tradisional yang menjadi tempat tinggal para gelandangan dan tunawisma, menjadi salah satu sorotan, lantaran masih jarang tersentuh vaksinasi.

Terkait hal ini, satlantas polres tuban, selasa pagi, menggelar vaksin keliling di kawasan yang menjadi tempat singgah dan bermalam para tunawisma, gelandangan hingga pengemis. Lokasi ini berada di kelurahan sendangharjo, kecamatan tuban kota.

Petugas mendatangi satu per satu tunawisma maupun gelandangan yang menjadi target vaksinasi. Mereka kemudian diberi penjelasan pentingnya vaksin covid-19. Selanjutnya petugas mengajak mereka menuju gerai vaksin yang berada dalam satu kawasan.

Gerai vaksin keliling dibuat sederhana. Petugas hanya menggunakan sebuah kendaraan dilengapi dengan meja dan kursi untuk input data dan vaksinator. Meski demikian, pelaksanaan vaksinasi tetap berlangsung nyaman.

Vaksinasi keliling ini disambut baik para tunawisma dan gelandangan. Vaksinasi massal yang terpusat dan selalu antri lama membuat mereka tidak bisa ikut, karena harus mencari nafkah setiap hari ,

Sementara itu, menurut kasat lantas polres tuban, AKP Arum Animbala, vaksinasi keliling ini akan dilaksanakan setiap hari, dengan target lima puluh dosis per hari. Tak hanya sekedar memberikan layanan vaksin gratis, polantas juga membagikan paket sembako  untuk meringankan beban ekonomi mereka.

Vaksinasi covid-19 terus digenjot. Hingga kini, vaksinasi di kabupaten tuban, telah mencapai 30 persen atau sekitar 300 ribu jiwa, dari total target sebanyak 945.728 jiwa.