Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 26, 2021, 15:37 WIB
Last Updated 2021-10-26T08:48:21Z
Pojok PituViewerViral

BPBD Himbau Warga Waspada Potensi Bencana Saat Pancaroba



NGAWI - Seperti inilah video amatir yang diambil warga saat hujan deras disertai dengan angin kencang melanda wilayah kabupaten ngawi. Kencangnya hembusan angin membuat tenda hajatan warga porak poranda. Selain itu juga di sejumlah rumah makan baik meja kursi dan tenda juga banyak yang roboh. Bahkan dampak dari hujan deras dan angin kencang kemarin membuat sejumlah rumah warga dan satu unit mobil rusak parah akibat tertimpa pohon tumbang.

Kabid kedaruratan dan logistik bpbd ngawi, teguh puryadi menjelaskan terdapat delapan wilayah kecamatan yang terdampak hujan disertai angin kencang kemarin. Yakni kecamatan pitu, ngawi kota, kedunggalar, kasreman, bringin, paron, geneng, jogorogo.

Menurut teguh, berdasar perkiraan bmkg, bulan november depan sudah memasuki penghujan. Maka saat ini masa pancaroba atau pergantian musim maka di himbau masyarakat untuk lebih waspada, seperti hujan yang biasa disertai angin kencang, banjir bandang, dan tanah longsor bahkan tsunami.

Sementara sebagai upaya kesiapsiagaan terhadap bencana alam hidrometeorologi, kabupaten ngawi telah menyiagakan sebanyak 350 relawan dari gabungan 15 unsur elemen relawan dan sar yang ada serta sarana prasarana terhadap penanggulangan dan penanganan saat terjadi bencana alam.