Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, October 6, 2021, 15:06 WIB
Last Updated 2021-10-06T08:28:05Z
Pojok PituViewerViral

BPBD Ngawi Droping Air Bersih Ke Sejumlah Desa Terdampak Kemarau



NGAWI - Bertempat di dusun pojok, desa banjarnaggi, kecamatan pitu, kabupaten ngawi, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) ngawi mendistribusikan air bersih. Di dusun tersebut sudah hampir 2 bulan terakhir ini sumber air dari sumur-sumur warga berkurang.

Bahkan tidak sedikit warga yang juga memanfaatkan aliran sungai bengawan solo untuk kebutuhan seperti mencuci hingga mandi. Namun terkadang, aliran bengawan solo tercemar limbah yang membuat warga tidak dapat memanfaatkannya. Sehingga saat dua mobil tangki BPBD melakukan droping air bersih langsung diserbu puluhan warga setempat.

Dengan menggunakan alat seadanya untuk penampungan air, warga mengambil air dari tandon terpal yang sudah disiapkan sebelumnya. Air dari droping itu selanjutnya ditampung di rumah untuk memenuhi kebutuhan selama 3-4 hari kedepan.

Sementara, dalam satu kali droping air bersih minimal sesuai kebutuhan masyarakat sekitar 10-12 ribu liter air dari dua mobil tangki didistribusikan BPBD. Air bersih tersebut berasal dari perusahaan daerah air minum (BPBD). Jika dalam masa kemarau yang berkepanjangan dalam sehari BPBD mampu mengirim hingga 15 tangki air bersih pada masyarakat yang membutuhkan.