Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, October 13, 2021, 16:18 WIB
Last Updated 2021-10-13T09:55:24Z
TubanViewerViral

Stok Vaksin Terbatas, Capaian Vaksinasi Covid-19 Di Tuban Baru 38 %



TUBAN - Kepala dinas kesehatan kabupaten tuban, bambang priyo utomo mengklaim, capaian vaksinasi covid-19 di tuban bisa menembus 50 persen dalam sepekan ke depan, jika tidak terkendala ketersediaan stok vaksin. Hal tersebut ia ungkapkan saat ditemui usai rapat paripurna di gedung dprd tuban, siang tadi.

Hingga saat ini, capaian vaksinasi covid-19 dosis 1 di kabupaten tuban, baru menembus angka 38 persen. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 2 baru menembus angka 17 persen, dari jumlah penduduk yang ada.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemkab tuban melalui dinas kesehatan bekerjasama dengan tni-polri untuk menggenjot upaya vaksinasi. Mulai dari vaksin dor to dor, hingga vaksinasi di tingkatan desa.

Namun, upaya tersebut terkendala dengan ketersediaan stok vaksin yang dinilai masih sangat kurang. Kondisi ini membuat upaya percepatan vaksinasi sedikit terhambat. Bahkan, beberapa hari terakhir, ketersediaan stok vaksin di tuban kosong.

Kepala dinas kesehatan tuban mengklaim, minimnya ketersediaan stok vaksin akibat pemerintah pusat dan propinsi lebih memprioritaskan percepatan vaksinasi di daerah aglomerasi. Meski demikian, pihak dinkes optimis, jika tidak terjadi kendala ketersediaan stok vaksin, capaian vaksinasi tahap 1 bisa menembus angka 50 persen, hanya dalam kurun waktu sepekan.

Sementara itu, sebaran covid-19 di kabupaten tuban pada rabu siang tercatat sebanyak 3 kasus baru, 3 orang sembuh, dan konfirmasi meninggal dunia nol kasus. Sedangkan sebanyak 21 orang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri di sejumlah rumah sakit.