Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 19, 2021, 21:25 WIB
Last Updated 2021-10-19T14:29:12Z
Pojok PituViewerViral

Tradisi Lomba Layang-Layang Pasca Panen Di Jombang



JOMBANG - Lomba layang-layang  tandjoeng dahar cup 2021 ini digelar di dusun kupang desa tebel kecamatan bareng jombang. Berbagai layang-layang naga ditampilkan dan perlombaan ini, termasuk layang-layang hias yang memiliki nilai seni  sangat menarik.
 
Layang-layang naga berukuran 120 meter ini turut meramaikan perlombaan. Karena ukuran yang panjang, pemain layang-layang naga harus dibantu sedikitnya lima orang karena beratnya tarikan layang-layang. Untuk menerbangkan juga harus dibantu sejumlah orang agar bisa terbang dengan sempurna.
 
Agung  darsono salah satu peserta mengaku setelah berhasil diterbangkan, layang-layang berbentuk naga akhirnya mampu memperindah langit angkasa bersama sejumlah layang-layang naga lainnya. Pemandangan ini menarik minat warga untuk turut menikmati  langit yang terhias layang-layang warna-warni.  Layang naga ini ikut meramaikan lomba layang yang digelar warga.
 
Heru lutfi herlambang panitia mengatakan selain layang-layang naga, lomba juga memperebutkan kejuaraan untuk kategori layang-layang kodok  sambitan. Lomba jenis ini pesertanya hingga berasal dari luar provinsi, seperti  jawa tengah dan jawa barat.
  
Selain menyediakan akomodasi bagi seluruh peserta, panitia juga menyediakan trophy bagi para juara.  Selain trophy  bagi para juara juga akan mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah. Diharapkan even yang sama pada tahun 2022 mendatang akan berlangsung lebih meriah lagi.