Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, November 6, 2021, 14:39 WIB
Last Updated 2021-11-06T07:57:52Z
Pojok PituViewerViral

19 Desa Belum Cairkan DD Tahap 3



NGAWI - Di tahap 3 untuk anggaran keuangan yang bersumber dari dana desa masing-masing desa di kabupaten ngawi masih menerima besaran sekitar 20 persen dari jumlah total anggaran DD. Namun karena terkendala belum selesainya program yang tercover pada anggaran DD di tahap 2 termasuk BLT DD maka berdampak belum dapat dicairkannya alokasi DD tahap 3 ini.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) ngawi kabul tunggul winarno mengatakan, hingga saat ini ada 19 desa dari 213 desa di kabupaten ngawi yang belum menyerap anggaran dana desa (DD) pada tahap 3. Menurutnya untuk persyaratan pengajuan anggaran tahap 3 ini harus ada laporan penyerapan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa.

Diakui kabul, ketika pihak desa mengajukan pada bulan november ini maka harus bisa menyalurkan terlebih dahulu BLT bulan ini. Dan dana tersebut akan ditransfer oleh pemerintah pusat melalui kementerian keuangan ke desa jika persyaratan itu terpenuhi.

Kabul menambahkan, anggaran tahap ini akan difokuskan oleh pemerintah desa sesuai dengan kebutuhan yang belum diserap pada rencana anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) tergantung pada masing-masing desa. Besaran DD pada tahap 3 sebesar 20 persen, kecuali 7 desa yang sudah berstatus mandiri hanya dua tahap saja.