Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, November 18, 2021, 15:51 WIB
Last Updated 2021-11-18T09:12:32Z
TubanViewerViral

Antisipasi Kebakaran Di Dalam Rutan, Lapas Tuban Gelar Simulasi



TUBAN - Kobaran api muncul di halaman lembaga pemasyarakatan kelas dua b kabupaten tuban, kamis siang. Para pegawai dengan sigap segera melakukan pemadaman menggunakan karung basah. Seketika api langsung padam, sebelum sempat merembet ke bangunan.

Adegan ini merupakan bagian dari simulasi pemadaman kebakaran, yang berpotensi mengancam area lapas. Para pegawai lapas bergantian mencoba teknik pemadaman api menggunakan karung basah. Setelah sebelumnya mendapat pelatihan dari anggota badan penanggulangan bencana daerah tuban.

Berbagai potensi kebakaran lapas disimulasikan. Mulai kebakaran tong sampah, dan kebakaran kompor, yang dipadamkan dengan karung basah. Lalu kemungkinan terjadinya kebocoran tabung gas atau lpg, yang perlu dihadapi secara tenang, tanpa panik. Petugas hanya perlu menutup sumber api menggunakan jari, lalu melepas regulator.

Selain itu juga disimulasikan pemadaman menggunakan alat pemadam ringan atau apar, serta menyemprot api menggunakan selang dari mobil pemadam kebakaran.

Pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran ini dilakukan untuk membekali pegawai lapas jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain pelatihan, pihak lapas juga akan membentuk  tim k3 atau keselamatan, kesehatan, kerja, dari peserta pelatihan, serta melengkapi kebutuhan safety.

Diharapkan, pegawai lapas dapat cepat mengambiltindakan jika terjadi kebakaran dalam area lapas. Dengan demikian, api tidak merembet dan semakin berkobar, sehingga korban dan kerugian materiil dapat diminimalisir.