Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, November 30, 2021, 16:25 WIB
Last Updated 2021-11-30T09:37:32Z
BojonegoroViewerViral

BPBD Imbau Warga Waspada Banjir Bandang Dan Luapan Bengawan Solo



BOJONEGORO - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah kabupaten bojonegoro dalam satu bulan terakhir. Akibatnya, sejumlah wilayah kecamatan yang ada di bojonegoro terdampak banjir bandang. Seperti yang terjadi di kecamatan malo, gondang, sekar, tambak rejo, dan kedewan.

Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi dan juga saat ini sedang fenomena la nina, yang berdampak pada cuaca yang ekstrem. Selain memicu banjir bandang, cuaca ekstrim ini juga bisa menjadi pemicu adanya angin kencang, tanah longsor, hingga banjir luapan sungai bengawan solo.

Oleh sebab itu, BPBD kabupaten bojonegoro menghimbau kepada warga, agar selalu waspada. Selain itu, pihak BPBD juga menghimbau agar warga tidak melakukan aktivitas yang membahayakan seperti nekat menyeberangi jembatan dalam keadaan banjir.

Sementara itu, terpantau dari taman bengawan solo yang berada di sebelah pasar bojonegoro, debit air sungai bengawan solo relatif stabil dan tidak mengalami tren kenaikan signifikan. Sementara itu, aktivitas penyeberangan perahu banjarsari ke pasar bojonegoro masih berjalan seperti biasanya.