Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, November 6, 2021, 15:10 WIB
Last Updated 2021-11-06T08:31:44Z
BojonegoroViewerViral

Titik Balik Sejarah Persibo Bojonegoro



BOJONEGORO - Persibo lahir dari seorang raden tumenggung sukardi, bupati bojonegoro pada saat itu. Di jawa timur, persibo tergolong klub tertua, bersama dengan persebaya surabaya, persekap pasuruan, PSBI Blitar dan PSM Madiun.

Meski keberadaan persibo sudah lahir sejak tujuh puluhan tahun silam, namun tim ini baru aktif ikut meramaikan persepakbolaan nasional mulai era tahun dua ribuan. Kala itu persibo berlaga di ajang divisi dua liga indonesia atau setara dengan liga tiga.
 
Sejak aktif di kompetisi resmi pssi, penampilan persiboterus gemilang. Mulai promosi ke divisi satu pada 2003, juara divisi dua pada 2006 hingga juara divisi satu pada 2007, 2008. Hal ini menjadi bukti nyata kemonceran prestasi persibo.

Persibo kembali mengukir prestasinya saat tampil di ajang piala copa indonesia bersama tim-tim besar lainnya. Seperti persik kediri, arema malang, hingga pelita jaya. Saat itulah nama persibo yang sempat dijuluki the giant killers atau pembunuh besar ini mulai dikenal dikancah persepakbolaan nasional sekaligus di segani oleh lawan-lawannya.

Tak berhenti disitu, kegemilangan prestasi persibo ini berlanjut saat melangkah ke ajang divisi utama. Persibo menjadi tim yang semakin ditakuti oleh lawan-lawannya saat berhasil masuk delapan besar babak penyisihan group. Tak disangka persibo berhasil tampil terbaik dan berhak promosi ke kasta tertinggi sepakbola nasional.

Dan pada puncak kejayaan persibo tahun 2011, 2012, saat itu persibo berlaga di kompetisi resmi PSSI dan berhasil keluar sebagai juara satu di ajang bergengsi piala indonesia. Bahkan atas keberhasilannya tersebut, persibo bojonegoro berhak mewakili nama indonesia untuk berlaga di ajang piala asia atau AFC Cup 2013.

Ironinya, seiring berjalannya waktu, persibo kembali jatuh dan berada pada titik terendah kompetisi perspakbolaan indonesia. Karena kesulitan secara finansial, persibo tak mampu meneruskan kompetisi hingga akhirnya terdegradasi, sekaligus menerima hukuman berupa dicabut keanggotaannya dari PSSI.

Tapi bukan persibo namanya jika tak mamu bangkit lagi. Kini meski berada di kasta terbawah, persibo siap menggebrak kembali persepakbolaan ditanah air. Selamat bertanding dan rengkuhlah kembali prestasimu laskar angling dharma.