Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, December 28, 2021, 14:59 WIB
Last Updated 2021-12-28T09:05:00Z
Pojok PituViewerViral

GP Ansor Jombang Vaksin OGDJ Yang Tidak Memiliki NIK



JOMBANG - Vaksinasi ini berlangsung di halaman yayasan griya cinta kasih desa sumbermulyo, kecamatan jogoroto, kabupaten jombang. Satu persatu ODGJ yang tidak memiliki NIK ini, menjalani penyuntikan vaksin covid-19. Tidak ada perlawanan saat disuntik vaksin karena rata-rata ODGJ ini telah lama menjalani pembinaan.

Vaksinasi dilakuan sejumlah vaksinator dari puskesmas mayangan. Selain petugas dari dinas kesehatan kabupaten jombang, dalam vaksinasi ini juga hadir sejumlah ptugas dari dispendukcapil. Sebab perekaman identitas di tempat, dilakukan dispendukcapil terhadap ODGJ tanpa NIK.

Zulfikar ichwanto ketua pc gp ansor jombang mengatakan, vaksinasi ini dilakukan dengan sasaran utama kelompok rentan dan marginal, termasuk di dalamnya ODGJ yang tidak memiliki NIK. Sebelumnya petugas kesulitan melakukan penyuntikan vaksin karena tidak ada identitas resminya. Selain mendapat hadiah kue dan makanan, para ODGJ yang telah divaksin juga mendapat hadiah potong rambut.

Sementara itu, jamiian, ketua yayasan griya cinta kasih mengatakan, selain ODGJ tanpa NIK, vaksinasi ini juga menyasar seluruh ODGJ di yayasan ini yang belum vaksin ataupun belum suntik vaksin dosis kedua. Dengan vaksinasi ODGJ tanpa NIK hari ini berarti selurh ODGJ di yayasan ini telah divaksin.

Yayasan ini tengah merawat 300 ODGJ yang berasal dari berbagai daerah dengan kondisi serta berbagai latarbelakang. Sebanyak 17 dari seluruh ODGJ di yayasan ini tidak memiliki ktp. Sebab rata-rata ODGJ tersebut ditemukan menggelandang sebelum akhirnya dikirim ke yayasan.