Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, December 9, 2021, 15:50 WIB
Last Updated 2021-12-09T09:25:07Z
Kabar ApikViewerViral

Launching Rumah Bersama Disabilitas



KABAR APIK - Penyandang disabilitas di kabupaten bojonegoro, kini memiliki tempat ramah dan nyaman untuk berkreativitas. Rumah bersama bisabilitas secara resmi dilaksanakan soft launching oleh bupati bojonegoro yang di wakili oleh kepala dinas sosial kabupaten bojonegoro, m. Arwan didampingi pihak Exxon Mobile Cepu Limited (EMCL), forkompimca, serta para tamu undangan.

Rumah bersama disabilitas berada di jalan meliwis putih nomor 81 ini menyediakan fasilitas perpustakaan mini, stand hasil olahan produk para disabilitas, hingga studio musik.

Direktur yayasan sikas bakti nusantara, muhammad yasin menuturkan, peluncuran rumah bersama disabilitas ini merupakan puncak dari rangkaian beragam acara sebelumnya, bertepatan dengan peringatan hari disabilitas internasional.

Menurutnya, program berdirinya rumah bersama bisabilitas ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya diskriminasi yang dialami oleh para penyandang disabilitas. Sehingga dengan adanya rumah bersama ini akan menjadi rumah besar bersama bagi penyandang disabilitas dan khalayak umum.

Sementara itu, kepala dinas sosial m. Arwan mengatakan, kegiatan hari ini adalah dalam rangka peresmian rumah bersama disalibilitas sekaligus meringati hari disabilitas internasional.

Sementara itu, perwakilan EMCL, al maliki ukay sukaya subqy mengatakan, bahwa program rumah bersama bisabilitas adalah bagian dari komitmen EMCL dalam memberdayakan kaum disabilitas di bojonegoro dan tuban, jawa timur.

Diharapkan rumah bersama ini akan mampu menjadi pusat produksi dan pemasaran buah karya kaum disabilitas di kabupaten bojonegoro dan tuban. Termasuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam memandang penyandang disabilitas sebagai sesama manusia yang setara dengan kaum bukan penyandang disabilitas.

Dalam rumah bersama bisabilitas ini, para disabilitas dapat melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan dengan fasilitas diantaranya pelatihan melukis, desainer, bermain musik, hingga pelatihan bahasa isyarat bagi penyandang disabilitas tuli.