Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, December 9, 2021, 16:19 WIB
Last Updated 2021-12-09T09:25:44Z
TubanViewerViral

Ombak Besar, BMKG Tuban Imbau Nelayan Perahu Kecil Tak Melaut



TUBAN - Gelombang tinggi hingga lebih dari 2 meter, melanda perairan laut utara jawa kabupaten tuban dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini membuat para nelayan di pesisir tuban, dIImbau untuk tidak melaut sementara waktu.
 
Hal tersebut diungkapkan prakirawan cuaca, badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika atau BMKG stasiun meteorologi kelas II kabupaten tuban. Gelombang tinggi di laut utara jawa kabupaten tuban, beberapa hari kedepan cukup tinggi. Prakiraan gelombang laut diperkirakan antara 0,8 meter sampai 2 meter bahkan lebih.
 
Ini dipengaruhi oleh faktor daerah tekanan rendah yang ada di selatan pulau jawa dan utara australia, sehingga pergerakan massa udara terkumpul di utara australia. Kondisi ini mempengaruhi kecepatan angin di laut utara jawa. Saat ini, kecepatan angin antara 20 hingga 34 knot, atau jika dikonversikan 40-68 kilometer per jam.
 
Untuk keamanan nelayan, BMKG tuban memberikan peringatan dini, agar nelayan dengan perahu kecil tidak melaut sementara waktu. Pasalnya, perahu kecil batas maksimal ombaknya 1,25 meter, sehingga jika memaksakan melaut bisa terjadi hal-hal yang tidak dIInginkan,1,
 
Terkait prakiraan cuaca dan ketinggian gelombang terkini, BMKG menghimbau agar masyarakat selalu mengupdate melalui laman resmi BMKG setempat.