Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, December 16, 2021, 14:53 WIB
Last Updated 2021-12-16T08:11:31Z
TubanViewerViral

Target Vaksinasi Covid-19 Terlampaui, Tuban Masuk PPKM Level 1



TUBAN - Kerja keras pemkab tuban menggenjot upaya vaksinasi covid-19 hingga ke pelosok desa, akhirnya membuahkan hasil. Capaian vaksinasi covid-19 dosis pertama di tuban, saat ini telah menembus angka 72,5 persen. Sementara vaksinasi untuk lansia, telah menembus angka 70 persen.
 
Seperti terlihat di puskesmas kebonsari, kecamatan tuban kota, pada kamis pagi, warga antusias mengikuti vaksinasi covid-19. Di puskesmas ini, selama dosis tersedia, setiap harinya rutin digelar vaksinasi. Ini dilakukan untuk menggenjot capaian vaksinasi di tuban.
 
Hasilnya, saat ini tuban telah mencapai standar level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari sebelumnya level 3. Sebelumnya, target level 1 sempat tersendat, lantaran kiriman vaksin dari provinsi maupun pusat terbatas.
 
Di puskesmas kebonsari tuban, setiap harinya melayani warga vaksin dosis 1 dan 2 dengan jenis vaksin sinovac, pfizer dan astrazeneca. Saat ini, sasaran warga yang di vaksin adalah usia 12 tahun keatas.
 
Antusiasme warga untuk vaksin, mempermudahkan petugas. Pasalnya, sebelumnya petugas puskesmas setempat juga melakukan vaksinasi door to door sambil mensosialisasikan vaksin aman.
 
Endang, salah satu peserta vaksin mengaku masih tegang dan sedikit takut. Pasalnya, ia mempunyai riwayat penyakit darah tinggi. Namun, setelah dilakukan screening, ia dinyatakan layak mendapatkan suntik vaksin.