Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, December 1, 2021, 14:26 WIB
Last Updated 2021-12-01T08:24:04Z
Pojok PituViewerViral

Tebing Longsor, Timpa Tempat Ibadah Hingga Rusak Parah



BLITAR - Beginilah kondisi mushola al furqon, di desa ngadirenggo, kecamatan wlingi, kabupaten blitar, pasca tertimpa longsoran tebing. Ruang imam beserta tembok samping, ambrol sekitar 3 meter. Material longsoran memenuhi ruang mushola, seluas 10 kali  10 meter persegi. Selasa sore, warga bersama tni dan kepolisian bergotong royong mengevakuasi material longsoran.

Kapolsek wlingi, AKP Mulyanto dikonfirmasi di lokasi mengatakan, longsor diduga terjadi akibat guyuran hujan lebat selama berjam jam pada senin kemarin. Jelang maghrib, tebing yang berjarak 1 meter dari mushola longsor dan meghancurkan satu satunya tempat ibadah warga dusun genjong. Meski tidak ada korban jiwa , longsor menyebabkan aktivitas warga terganggu.

Pasca longsor, mushola  sementara waktu belum bisa difungsikan kembali, dan warga beribadah di rumah masing masing.

Sementara itu, data dari badan penaggulangan bencana daerah kabupaten blitar menyebutkan, tanah longsor juga melanda sejumlah  wilayah  di kabupaten blitar, seperti di  kecamatan doko dan gandusari kabupaten blitar.

Wakil bupati blitar, rahmad santoso mengatakan, terkait peristiwa longsor tersebut pihaknya sudah memerintahkan bpbd untuk bersinergi dengan sejumlah pihak melakukan pembersihan serta melakukan pendataan. Rahmad santoso juga meminta bpbd  memetakan wilayah  mana saja yang berpotensi terjadinya longsor.

Rahmad santoso juga mengajak  masyarakat terutama yang tinggal di kawasan perbukitan untuk selalu waspada, karena musim penghujan seperti ini sangat berpotensi terjadinya bencana longsor.