Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 19 Januari 2022, 14:39 WIB
Last Updated 2022-01-19T08:51:27Z
BojonegoroViewerViral

DBD Melonjak, Permintaan Trombosit Di PMI Bojonegoro Meningkat



BOJONEGORO - Kasus demam berdarah di kabupaten bojonegoro melonjak tajam, pada bulan januari 2022 berjalan ini tercatat ada sebanyak 112 kasus dbd. Dari kasus tersebut, 2 diantaranya meninggal dunia.

Melonjaknya kasus demam berdarah, berimbas pada meningkatnya permintaan stok trombosit di unit donor darah PMI bojonegoro. Tercatat dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, mulai november 2021 hingga januari 2022, selalu meningkat setiap harinya. Per tanggal 18 januari, sudah ada sekitar 60 katong trombosit keluar dari PMI bojonegoro.

Dalam 1 hari, permintaan trombosit dari rumah sakit yang ada di bojonegoro di unit donor darah PMI bojonegoro bisa mencapai 2 sampai 3 kali. Sekali permintaan, tidak 1 kantong trombosit, tetapi bisa mencapai 10 kantong per pasien.

Kepala unit donor darah PMI bojonegoro, dokter imam sutrisno mengatakan. Stok trombosit saat ini menipis karena permintaan sedang meningkat. Per hari permintaan trombosit dari rumah sakit saat kondisi db sedang melonjak, bisa mencapai 2 sampai 3 kali. Sekali permintaan, tidak 1 kantong trombosit, tetapi bisa mencapai 10 kantong per pasien.

Permintaan trombosit di unit donor darah PMI bojonegoro, paling banyak berasal dari rumah rsud sosodoro djatikoesomo serta rumah sakit asisiyah. Biasanya dari rumah sakit luar bojonegoro juga minta stok trombosit di PMI bojonegoro.