Iklan

jtvbojonegoro
Wednesday, March 23, 2022, 15:43 WIB
Last Updated 2022-03-23T08:43:16Z
Kabar ApikViewerViral

Abidin Fikri Ajak Kader GMNI Bojonegoro Perkuat Karakter Kebangsaan


BOJONEGORO - Dalam rangka menguatkan pemahaman Empat Pilar MPR RI sekaligus memperingati dies natalis GMNI ke 68 tahun, Anggota MPR RI - H. Abidin Fikri, S.H., M.H.  menyelenggarakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bojonegoro di aula IKIP PGRI Bojonegoro, Rabu (23/03/2022). Turut hadir dalam agenda tersebut Rektor IKIP PGRI Bojonegoro, Dr. Junarti, S.Pd.,M.Pd.

Dalam pemaparannya Abidin Fikri mengajak kader-kader GMNI untuk memahami bahwa sejarah kelahiran Pancasila tak lepas dari pidato Bung Karno di dalam sidang BPUPK pada 1 Juni 1945. Pidato lahirnya Pancasila itulah rujukan kita dalam memahami nilai-nilai Pancasila, sehingga dalam pengamalan sila-sila dalam Pancasila kita tetap berpegang dan merujuk pada sumbernya, yaitu Pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945.

"Kader-kader GMNI yang saat ini dalam golongan usia muda adalah para penerus ajaran Bung Karno, termasuk punya andil ke depan dalam mengimplementasikan ajaran-ajaran Bung Karno ke dalam kehidupan sosial, ekonomi dan kebudayaan masyarakat, bangsa dan negara. Tugas kita ke depan adalah bagaimana Pancasila itu mampu diimplementasikan dalam kebijakan politik negara," Jelas Abidin di hadapan ratusan kader GMNI. 

Abidin Fikri juga menjelaskan bahwa konteksnya saat ini kita tengah berada dalam satu arus kemajuan ilmu pengetahuan yang sangat pesat hingga melahirkan banyak kemajuan teknologi. Namun di aspek lain Bangsa Indonesia tengah menghadapi bonus demografi, dimana usia produktif lebih banyak dibandingkan yang non-produktif. 

"Oleh karena itu dalam masa bonus demografi ini harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar kader-kader GMNI dapat berperan dan berguna bagi tercapainya cita-cita kemerdekaan atau tujuan nasional bangsa negara Indonesia," Tegas Abidin. 

Di akhir paparannya Abidin Fikri berpesan kepada kader-kader GMNI untuk terus memperkuat karakter kebangsaan, meningkatkan kapasitas diri, meningkatkan kompetensinya serta memperhebat prestasi dalam lingkup akademik dan di dalam kehidupan masyarakat.