Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, March 3, 2022, 15:13 WIB
Last Updated 2022-03-03T08:32:41Z
Pojok PituViewerViral

Pedagang Makanan Tetap Bertahan Meski Harus Kurangi Keuntungan


NGAWI - Hal ini seperti yang dialami salah satu warung makan bakso dan mie ayam yang ada di kabupaten ngawi. Warung bakso ini memiliki tiga lokasi berjualan. Dalam sehari menghabiskan sekitar 3-4 kg bahkan saat momen tertentu hingga 10 kg cabai rawit untuk pembuatan sambalnya.

Pemilik warung bakso, haji saimun mengaku, jika kenaikan harga cabai dalam beberapa pekan terakhir ini membuatnya harus kembali mengurangi keuntungan untuk penambahan biaya produksi. Terlebih pihaknya tetap memilih menggunakan cabai rawit segar dibanding cabai kering untuk sambal bakso dam mie ayam miliknya.

Tetap menggunakannya cabai segar meski harga mahal ini dilakukan untuk menjamin rasa dan warna keaslian dari sambal yang dibuat. Termasuk terhadap rasa yang dihasilkan juga akan berberda.

Seperti diketahui, dalam beberapa pekan terakhir kenaikan harga cabai kembali terjadi disejumlah pasar tradisioanl ngawi. Penyebab kenaikan ini diduga karena banyak petani cabai yang mengalami gagal panen, sehingga mengakibatkan minimnya pasokan.