Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, April 11, 2022, 15:42 WIB
Last Updated 2022-04-11T08:56:01Z
TubanViewerViral

Atasi Kesulitan Air Di Ponpes, Tni-Santri Gotong Royong Buat Sumur Bor


TUBAN - Suasana berbeda terlihat di pondok pesantren ar ridwan yang ada di kelurahan gedongombo, kecamatan semanding, kabupaten tuban, pada senin siang. Ponpes yang biasanya ramai oleh para santri ini mendadak kedatangan tamu prajurit tni yonzipur 5,abw. Tni ad ini masuk pondok pesantren untuk berburu sumber air bersih bawah tanah.

Bersama para santri, prajurit tni ini bergotong-royong membuat sumur bor di halaman belakang pondok pesantren. Dengan menggunakan peralatan sederhana, sinergi tni-santri berhasil menemukan sumber air bersih pada kedalaman lima puluh meter.

Menurut pembuatan sumur bor ini merupakan bagian dari program tni manunggal air. Sasarannya adalah pondok pesantren yang mengalami kesulitan air bersih. Diharapkan, bantuan sumur bor dapat bermanfaat bagi kepentingan santri, khususnya menunjang aktifitas beribadah.

Selanjutnya, para prajurit tni yonzipur juga berencana membuat instalasi air serta mck laki-laki maupun perempuan. Program serupa juga sedang dilaksanakan di sejumlah ponpes wilayah kabupaten sampang dan pamekasan, jawa timur.

Pihak ponpes menyambut baik bantuan sumur bor prajurit tni. Mereka selama ini menggunakan air pdam, yang alirannya tidak lancar dan kerap mati. Akibatnya, ponpes sering mengalami kesulitan air bersih.

Sementara itu, program ini merupakan bagian dari program “tni ad manunggal air” yang dicanangkan oleh kepala staf angkatan darat (kasad) dudung abdurrahman.