Iklan Rokil

Iklan Rokil

Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, May 19, 2022, 15:32 WIB
Last Updated 2022-05-19T08:32:26Z
TubanViewerViral

Semakin Panjang, Antrian Haji Di Tuban Tembus 32 Tahun


TUBAN - Dari tahun ke tahun, antrian berangkat haji di kabupaten tuban semakin panjang. Tingginya antusiasme masyarakat untuk mendaftar haji menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi.

Kondisi tersebut seperti terlihat di pusat pelayanan haji dan umroh terpadu kantor kementerian agama kabupaten tuban. Setiap hari, rata-rata 10 orang datang ke kantor kemenag setempat, untuk mendaftar haji.

Menurut kepala kantor kemenag tuban, ahmad munir, jika calon haji mendaftar tahun 2022 ini, mereka baru akan berangkat di tahun 2054, atau menunggu 32 tahun. Panjangnya antrian haji ini akibat tertundanya keberangkatan haji selama 2 tahun akibat pandemi covid-19, serta antusiasme masyarakat untuk mendaftar haji.

Tingginya angka warga yang mendaftar haji, menunjukkan bahwa kesadaran umat muslim di tuban untuk menjalankan rukun islam ke 5 sangat tinggi. Selain itu, ini juga menunjukkan bahwa perekonomian kembali pulih paska pandemi covid-19.

Meski antrian haji di tuban sangat panjang, tak menyurutkan warga untuk mendaftar. Mereka berharap antrian haji ini bisa dipangkas, sehingga antrian tidak terlalu panjang.

Sementara itu, tahun ini kabupaten tuban memberangkatkan sebanyak 588 calon jamaah haji. Calon jamaah haji asal tuban masuk gelombang pertama dan akan berangkat ke tanah suci pada 4 juni 2022 mendatang.