Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 23 Mei 2022, 16:15 WIB
Last Updated 2022-05-23T09:16:09Z
Kabar ApikViewerViral

Serap Aspirasi Masyarakat, Abdulloh Umar Ketua DPRD Bojonegoro Gelar Reses


KABAR APIK - Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, abdulloh umar menggelar reses masa sidang ke 2 tahun 2022 di desa Panunggalan, kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Pada reses ke 2 itu, abdulloh umar ingin mendengar keluh kesah masyarakat, sekaligus berharap kepada masyarakat, agar menyampaikan ataupun mengusulkan aspirasi mereka.

Selain dihadiri ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro abdulloh umar, reses ini juga dihadiri sekretaris camat kecamatan sugihwaras, muspika kecamatan sigihwaras, kepala desa panunggal beserta jajaran perangkat, serta tokoh masyarakat serta tamu undangan.

Acara reses sidang ke 2 ini, diawali oleh sambutan sohibul bait kiyai sholikin, yang mana dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih, kepada ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro abdulloh umar, yang sudah menyelenggarakan reses di desa panunggal, serta berharap kedepanya dapat mengemban amanah masyarakat dengan baik.

Sementara itu, sekretaris camat sugihwaras sigit jatmiko, yang hadir dalam kesempatan reses tersebut menyampaikan. Adanya reses yang dilaksanakan oleh ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, abdulloh umar ini, untuk memfasilitasi masyarakat, supaya masyarakat menyampaikan aspirasi, keluhan maupun usulan terkait secara umum, yang nantinya dapat di realisasikan.

Pada reses masa sidang ke 2 di tahun 2022, yang dilaksanakan di desa panunggalan, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro. Abdulloh umar menyampaikan beberapa poin penting, terkait program dari pemerintah Kabupaten Bojonegoro di tahun 2022 ini kepada masyarakat, yakni seperti kpm, insfrakturkut jalan, jembatan.

Selain itu, program pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang saat ini sudah berjalan, dan mulai dirasakan oleh masyarakat, yakni program jalan poros desa di Kabupaten sepanjang 1.449 kilometer, secara bertahap di targetkan akan selesai sampai 2023. Di bangunya jalan poros desa tersebut, supaya bisa mempermudah akses bagi masyarakat yang ada di desa.

Selain sudah di bangunya jalan poros desa oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro, ketua DPRD  Bojonegoro juga menyampaikan terkait pembangunan jalan poros nasional, yang sudah di bangun di Kabupaten Bojonegoro dari anggaran apbd Kabupaten, di mulai pada tahun 2021 sudah terbangun di pintu masuk kota Bojonegoro,  sampai margomulyo balen sejauh 10 kilometer.

Selanjutnya, di tahun 2022 ini, pembangunan jalan poros nasional, akan di lanjutkan kembali pembangunanya, mulai dari margomulyo balen, sampai sroyo. Dan di tahun 2023 nanti, jalan poros nasional akan selesai dibangun hingga perbatasan babat lamongan. Pembangunan infrastruktur lain sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, dengan dibangunnya jembatan jembatan penghubung antar Kabupaten, salah satu contoh yang baru saja di bangun yaitu jembatan terusan kanor rengel.

Beberapa program selain pembangunan insfraktuktur, abdulloh umar menyampaikan kepada masyarakat yang hadir pada resesnya, bahwasanya pemerintah Kabupaten Bojonegoro di tahun 2022 ini, juga mempunyai program bedah rumah yang di alokasikan anggaran sebanyak 150 miliyar. Menyasar pada 7.900 an unit rumah warga di Kabupaten Bojonegoro yang sudah tak layak huni. Maka, abdulloh umat menghimbau kepada masyarakat, bagi warga yang rumahnya tak layak huni bisa mengajukan ke pemerintah desa, supaya diteruskan dinas cita karya, agar bisa mendapatkan program bedah rumah dari pemkab Bojonegoro.

Program baru pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yang mungkin tidak dimiliki oleh Kabupaten lain, yakni berupa santunan kematian, baik jama’ah tahlil, majelis ta’lim, imam mushola, imam masjid, tak luput mendapatkan tunjangan dari pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui program tersebut.

Bagi RT dan RW di Kabupaten Bojonegoro, juga tidak terlepas dari perhatian pemerintah Kabupaten Bojonegoro. RT RW di Kabupaten Bojonegoro, masuk dalam program pemerintah, berupa pemberian insentif rt dan rw sebagai bentuk penunjang kinerja di lingkup desa, yang selama ini RT dan RW di lingkungan masyarakat desa sangat berperan penting, dalam menjaga kerukunan dan kententraman di lingkup masyarakat.

Pada penilaian indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kabupaten Bojonegoro, saat ini mencapai 89% dari penilain masyarakat. Tingginya indek penilaian tersebut, di peroleh atas kepuasaan masyarat atas program pemerintah Kabupaten, yang sudah menyasar dan tepat sasaran, sesuai dengan aspirasi, masukan, serta usulan dari masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro juga menyampaikan. Di tahun 2022 ini di kecamatan sugihwaras, masuk dalam program jembatan, yang akan di bangun menghubungkan antara sugihwaras dengan temayang, sepanjang kurang lebih 30 meter dengan lebar 7 sampai 8 meter.

Abdulloh umar menyampaikan. Pada resesnya ini, dirinya ingin menampung sepenuhnya aspirasi yang disampaikan olah masyarakat sugihwaras, selain itu ia juga menyampaikan beberapa capaian capaian dari pihak Kabupaten Bojonegoro. Sehingga nantinya,  ketika mengetahui program progam capaian dari Kabupaten, masyarakat nantinya bisa mengakses dan mengetahui proram tersebut.

Dalam hal ini, beberapa program dari pemerintah Kabupaten Bojonegoro, mulai dari program bidang pendidikan, seperti 1 desa 2 sarjana, dan rpl desa. Umar berharap, adanya proram dari pemerintah Kabupaten itu, bisa di akses oleh masyarakat, terutama masyarakat kecamatan sugihwaras. Selain sudah menyampaikan pencapaian di bidang insfraktuktur, bidang pendidikan, bidang sosial, bidang ekonomi dan beberapa bidang lainya.

Tentu, di desa panunggalan, kecamatan sugihwaras ini, ketua DPRD Bojonegoro abdulloh umar berharap, masyarakat bisa memanfaatkan momentum reses tersebut dengan sebaik mungkin, dalam menyampaikan semua aspirasi, prorgram program usulan kegiatan masyarakat, yang selama ini belum tercover oleh pemerintah Kabupaten, agar di sampaikan kepada dirinya.