Iklan

Redaksi JTV
Thursday, June 2, 2022, 12:00 WIB
Last Updated 2022-06-02T05:47:07Z
BojonegoroViewerViral

Jelang Keberangkatan, Calon Jamaah Haji Bojonegoro Ikuti Test PCR


BOJONEGORO - Ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Bojonegoro yang dijadwalkan berangkat haji tahun ini, antusias mengikuti test PCR yang diselenggarakan kantor kementrian agama dan dinas kesehatan setempat.

Pemeriksaan kesehatan sekaligus test ini berlangsung di halaman Masjid Ngampel, Desa Sumberejo, Kecamatan Sumberjo, Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis Pagi (02/06/2022). Kegiatan ini diikuti seluruh jemaah calon haji kloter ke 2 yang dijadwalkan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Salah satu pasangan calon jamaah haji asal Sumberjo, Sunarto dan Mashiroh mengaku sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan diantaranya adalah test pcr sebagai syarat keberangkatan ke tanah suci mekah tahun ini. Pasalnya, ia bersama istri sudah menunggu jadwal keberangkatan sejak tahun 2020 lalu, yang tertunda akibat pandemi covid-19.

“Senang sekali karena bisa berangkat tahun ini, setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi covid-19”. Ungkap Sunarto.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, dr Wenny Diah Prajanti menjelaskan, kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh jemaah calon haji sebelum berangkat ke tanah suci.

“Pelaksanaan test PCR pada Calon Jemaah Haji asal Bojonegoro ini dilaksanakan secara serentak di tiga titik. Diantaranya di Kecamatan Sumberejo, diikuti 146 orang. Kecamatan Balen diikuti 40 orang dan kecamatan gayam diikuti sebanyak 75 orang.” Papar Kabid P2p Dinkes Bojonegoro ini.

Diketahui, pemeriksaan kesehatan dan test pcr ini juga menjadi salahsatu syarat resmi untuk melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).