Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 04 Oktober 2022, 12:51 WIB
Last Updated 2022-11-16T05:54:12Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViral

Pemkab Bojonegoro Sambut dan Berangkatkan Pataka Jer Basuki Mawa Beya


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berpartisipasi dalam Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Minggu (2/10/2022). Kegiatan estafet meneruskan dan menerima pataka yang sebelumnya dari Kabupaten Nganjuk. Sementara, setelah dari Bojonegoro pemberangkatan ke Kabupaten Tuban dilaksanakan Senin (3/10/2022) dari Pendopo Malowopati.

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Jawa Timur ke-77. Kirab pataka diterima di perbatasan Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Bojonegoro. Sementara prosesi penyambutan tim dari Kabupaten Bojonegoro. Tepat di depan Kodim 0813, ditambahi Pataka Bojonegoro, Pataka Dinas Perhubungan, dan Pataka BPBD Kabupaten Bojonegoro.

Rute kirab pataka saat penyambutan melewati Kecamatan Gondang, Kecamatan Temayang, Kecamatan Dander hingga sampai di Pendopo Malowopati. Sementara rute  pemberangkatan ke Kabupaten Tuban dari Jalan Mas Tumpel, Jalan Imam Bonjol, Jalan Trunojoyo, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan TGP Kaliketek menuju Kabupaten Tuban.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengatakan, baru saja bersama-sama menyaksikan penyerahan Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Provinsi Jawa Timur.  Kirab Pataka berkaitan Hari Jadi Jatim ke-77 yang di kirab melewati beberapa kabupaten/kota. Kirab menunjukkan semangat bahwa Bojonegoro secara otonomi daerah, bagian Provinsi Jawa Timur dan provinsi adalah perwakilan pemerintah pusat.

Semangat kirab pataka, lanjut Bupati Anna adalah semangat persatuan dan membangun kebersamaan antar kabupaten/kota termasuk di provinsi.

“Mudah mudah semangat tidak luntur dalam kerangka bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang terdiri dari pulau-pulau, kab/kota, provinsi, suku bahasa dan adat. Kita tetap menyatukan diri sebagai NKRI. Mari semangat terus kita kukuhkan,” ujar Bupati, Senin (3/10/2022).
 
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, dilaksanakan di 39 etape di kabupaten/kota se-Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro berada di etape ke-29. Etape terakhir akan berakhir di Kabupaten Bangkalan dan akan kembali ke kantor Provinsi Jawa Timur di Surabaya.

Bendera pataka yang dikirab ialah Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Jer Karta Raharja Mawa Karya, Pataka Praja Wibawa (Satuan Polisi Pamong Praja), Pataka Satuan Perlindungan Masyarakat, Pataka Yudha Brama Jaya (Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan), dan Bendera Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. (Red)