Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, October 31, 2022, 19:34 WIB
Last Updated 2022-11-17T04:36:28Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanTMMD

Tunjang Kegiatan TMMD ke-115, Dispendukcapil Bojonegoro Jemput Bola Kependudukan di Ngantru Kasiman


BOJONEGORO - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bojonegoro terus jemput bola terkait administrasi kependudukan hingga ke pelosok desa. Kali ini, Senin (31/10/2022) petugas Dispendukcapil hadir di Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman.
 
Kedatangan petugas Dispendukcapil untuk melakukan kegiatan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam rangka menunjang kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115.  

"Saat ini tim sedang jemput bola di Dusun Ngantru, Kecamatan Kasiman dalam acara TMMD 2022," ujar Kepala Dispendukcapil Yayan Rohman.

Yayan menjelaskan, jemput bola administrasi kependudukan tidak hanya KTP (Kartu Tanda Penduduk) saja, tapi semua layanan administrasi kependudukan (adminduk). Seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, Kartu Indentitas Anak (KIA), Akte Kelahiran dan Akte Kematian, serta perekaman data. Semua pelayanan kependudukan ini gratis.

Namun, jemput bola ini untuk kriteria tertentu. Seperti untuk warga yang sakit, ODGJ, lansia, serta ketika ada kegiatan khusus seperti TMMD.

"Juga jika ada giat belajar seperti di sekolah menengah, petugas Dispendukcapil datang ke lokasi langsung," imbuhnya.

Warga yang masuk kategori lansia, disabilitas, dan ODGJ dapat mengajukan surat permohonan perekaman jemput bola dengan syarat mengajukan surat permohonan perekaman dari desa mengetahui kecamatan, untuk ditujukan kepada Dispendukcapil Kabupaten Bojonegoro. Nantinya, tim teknis dari Dispendukcapil akan membawa alat penunjang untuk perekaman administrasi kependudukan.

Melalui pelayanan yang lebih dekat ke masyarakat ini, diharapkan dapat membantu dan memudahkan warga dalam mengurus administrasi kependudukan. (Red)