Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, November 15, 2022, 15:35 WIB
Last Updated 2022-11-15T08:35:51Z
Potensi DaerahTubanViralWisata | Kuliner

Nikmat dan Gurihnya Nasi Goreng Jagung Toping Ikan Teri Khas Tuban


TUBAN - Kabupaten Tuban, dikenal sebagai salah satu Kabupaten penghasil jagung terbesar di Jawa Timur. Melimpahnya hasil jagung tersebut, menjadi inspirasi usaha bagi Karji, warga Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Diluar kebiasaan pada umumnya, pemuda 31 tahun ini menjadikan jagung sebagai nasi goreng. Padahal, umumnya nasi goreng dibuat dengan bahan dasar nasi putih yang berasal dari beras.

“Awalnya itu saya pulang dari merantau di Kalimantan 3 tahun lalu. Itu saya lihat disini banyak jagung, sehingga saya kepikiran buat nasi jagung goreng,” buka Karji saat ditemui JTV, Selasa (15/11/2022).

Seperti nasi goreng pada umumnya, proses memasak nasi goreng jagung juga cukup mudah. Pertama-tama bumbu lengkap digoreng hingga harum. Kemudian, nasi jagung yang siap dimasukkan ke dalam wajan dan diaduk-aduk hingga bumbu merata.
 
Setelah setengah matang, masukkan saus tomat, kecap, sambal, garam dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian terus digoreng hingga seluruh bumbu merata hingga matang.
 
Agar semakin nikmat, nasi jagung yang telah matang ditaburi bawang goreng diatasnya. Sementara untuk toping, bisa sesuai selera. Disini, pelanggan bisa memesan toping ayam, telur atau ikan teri. Namun, saat ini yang sedang nge hits dan laris manis diburu para pecinta kuliner adalah toping ikan teri.

“Buatnya mudah seperti nasi goreng pada umumnya. Cuma disini disediakan banyak toping, mulai dari ayam, telur hingga ikan teri,” jelas Karji.

Untuk harga nasi goreng jagung ini dipatok mulai 10 ribu rupiah hingga 12 ribu rupiah per porsinya. Selain membuka warung di rumah, nasi goreng jagung juga dipasarkan melalui media sosial. Dalam sehari, Karji mendapat pesanan nasi goreng jagung antara dua puluh hingga enam puluh porsi.

“Pemasarannya selain buka di rumah juga saya jual secara online di medsos. Alhamdulillah sehari bisa jual 20 sampai 60 porsi mas,” ungkap Pria 31 tahun ini.
 
Rasanya yang gurih dan nikmat, membuat usaha nasi jagung goreng ini terus berkembang. Bahkan, nasi goreng jagung toping ikan teri, kini sedang nge hits dan diburu banyak pecinta kuliner di Tuban.

“Saya biasanya beli online. Kebetulan hari ini saya luang, sehingga datang langsung kesini. Saya suka yang ada toping ikan terinya, karena khas Tuban,” ujar Huda, salah satu pelanggan asal Montong, Tuban.
 
Bagaimana? Anda tertarik mencicipinya? (dzi/rok)