Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 31 Januari 2023, 16:07 WIB
Last Updated 2023-01-31T09:07:19Z
TubanViewerViral

Damkar Tuban Tangkap 3 Ular Piton Pemangsa Ayam


TUBAN - Damkar Kabupaten Tuban, dalam dua hari terakhir menangkap 3 ekor ular piton berukuran lebih dari 3 meter. Penangkapan pertama dilakukan di kandang milik Sugeng Priyanto, warga Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada senin (30/01/2023) malam.

Ular dengan panjang 3 meter tersebut kelaparan, sehingga sangat agresif saat ditangkap petugas. Bahkan, ular jenis piton ini terus melawan dan berusaha kabur dari sergapan petugas damkar.

Sambil membawa mangsa dalam mulutnya, hewan liar ini nyaris lolos masuk tumpukan kayu. Namun berkat kesigapan petugas, ular berhasil ditarik keluar dan ditangkap hidup-hidup. Tak hanya gagal kabur, ular juga gagal melahap ayam jago yang telah digigitnya.

Menurut Kabid Damkar Tuban, Sutaji, fenomena ular piton kelaparan kerap memangsa ternak warga. Selama dua hari terakhir, sebanyak tiga ekor ular piton berukuran tiga sampai empat meter berhasil ditangkap damkar.

“Ada tiga, pertama tadi malam kita tangkap di Desa Sambonggede, Kecamatan Semanding, Kemudian di Desa Jombok, Kecamatan Jatirogo, dan pagi ini di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding,” jelasnya saat ditemui JTV, Selasa (31/01/2023).

Kini, ketiga ular piton diamankan dalam sangkar besi di posko Damkar Kabupaten Tuban. Ular tersebut, nantinya akan dilepasliarkan atau diberikan kepada pecinta reptil. (dzi/rok)