Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 15 Maret 2023, 15:38 WIB
Last Updated 2023-03-15T08:38:00Z
LamonganViewerViral

Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Kawasan Lamongan Selatan


LAMONGAN - Banjir bandang menerjang Kecamatan Mantup dan Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, selasa (14/03/2023) malam. Air bercampur material lumpur dengan arus yang cukup deras, merendam jalan-jalan hingga rumah warga.

Menurut Kasi Penanganan Bencana Bpbd Kabupaten Lamongan, Muslimim, air banjir yang datang dari pegunungan di selatan kecamatan setempat tersebut merendam perabotan rumah tangga yang ada di dalam rumah warga.

“Warga tidak sempat mengevakuasi perabotan ke tempat yang lebih aman, lantaran banjir datang secara tiba-tiba,” jelasnya kepada JTV, rabu (15/03/2023) pagi.

Ia menambahkan, banjir bandang ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Lamongan Selatan selama berjam-jam. Kondisi ini diperparah dengan gundulnya hutan yang ada di perbukitan selatan kawasan setempat. “Sehingga air dari bukit langsung turun menerjang pemukiman warga,” imbuhnya.

Banjir bandang ini, hanya berlangsung beberapa saat. Setelah itu, air banjir langsung surut. Meski demikian, genangan lumpur membuat warga harus bergotong-royong membersihkannya. (fli/rok)