Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 05 April 2023, 21:50 WIB
Last Updated 2023-04-05T14:50:24Z
BojonegoroViewerViral

Berikan Layanan saat Ramadhan dan Lebaran, PGN SOR III Area Bojonegoro Siapkan Satgas RAFI 24 Jam

BOJONEGORO – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Sales and Operation Region III (SOR III) Area Bojonegoro bersama PT Pgas Solution melaksanakan pengawasan, pengamanan asset dan jaringan gas bumi (Jargas) untuk rumah tangga (RT) dan pelanggan kecil (PK) di Bojonegoro. 

Jargas menjadi salah satu program andalan pemerintah di masa transisi energi saat ini. Seperti tahun sebelumnya, momen ramadhan senantiasa memicu peningkatan konsumsi bahan bakar gas untuk sektor RT dan PK. Hal ini dikarenakan meningkatnya aktifitas memasak masyarakat pada sektor tersebut.

Mochamad Arif Area Head Bojonegoro PGN mengatakan, rata-rata konsumsi bahan bakar gas pada sektor RT mencapai 12 – 13 m3/bulan per pelanggan atau setara 12 kg tabung gas.

"Sedangkan terkait Jargas TA 2021 di wilayah Bojonegoro telah dilakukan gas in di 2 wilayah yaitu Kota Bojonegoro dan Kecamatan Gayem Ngasem sebanyak total 9811 sambungan rumah tangga (SR)," jelasnya kepada JTV, Rabu (05/04/2023). 

Arif menambahkan, untuk memastikan penyaluran bahan bakar gas ke konsumen melalui jaringan pipa PGN terjamin, PGN Area Bojonegoro telah menyiapkan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (SATGAS RAFI) 2023 yang telah dimulai sejak awal Ramadhan.

“Setiap perayaan hari besar keagamaan, maupun momen tahun baru, kami lakukan bentuk Satuan tugas khusus untuk menjamin penyediaan energi PGN karena gas ini juga digunakan untuk RT dan PK. Bentuk kegiatan yang dilakukan meliputi pengecekan jaringan, perbaikan dan pemantauan agar tidak ada gangguan dalam suplainya serta latihan tanggap darurat,” tuturnya.

PGN Area Bojonegoro dan PT Pgas Solution juga melakukan koordinasi intens kepada pihak keamanan Dinas Perdagangan Pemkab Bojonegoro dikarenakan posisi Meter Regulating Station (MR/S) PGN berada di lokasi kantor Dinas Perdagangan Pemkab Bojonegoro.

PGN sebagai Subholding Gas Pertamina terus menjaga komitmen dalam perluasan jargas di berbagai daerah. Sebagaimana yang telah tercantum dalam roadmap program prioritas Subholding Gas di tahun 2023 menuju target 4 juta SR pada tahun 2024. 

Selain sebagai utilisasi energi domestik, gas bumi untuk rumah tangga juga berkotribusi dalam penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, serta membantu menurunkan impor dan subsidi energi. (edo/rok)