Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Rabu, 26 April 2023, 21:30 WIB
Last Updated 2023-04-29T08:13:56Z
TubanViewerViralWisata | Kuliner

Liburan Terapi Ikan Sambil Menikmati Lezatnya Jajanan Serba Sagu di Tuban


TUBAN - Bingung mencari tempat wisata untuk mengisi waktu libur panjang dan akhir pekan?. Wisata pelang, di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, bisa menjadi pilihan. 


Tempat wisata ini, menyuguhkan destinasi kebun sagu, atau sering dikenal wisata pelang menjadi tempat favorit berlibur karena pemandanganya yang indah nan asri. Disini, pengunjung dapat menikmati terapi ikan yang ada disepanjang aliran sungai. 


Pengunjung hanya perlu mencelupkan bagian tubuh seperti kaki, maka ikan warna warni akan langsung berdatangan menggigit jaringan kulit mati. Meski geli, namun pengunjung menikmatinya sebagai terapi.

 

Tak hanya terapi ikan, pengunjung juga bisa mengajak anak-anak untuk berenang, naik perahu, atau bersantai dibawah kebun sagu.

 

Selain rekreasi melepas penat, wisata pelang juga menawarkan sejumlah jajanan tradisional berbahan serba sagu. Diantaranya berupa bubur sagu, dan gendos sagu. Produk jajanan sagu dapat diperoleh di warung-warung dalam area wisata. Kelezatan olahan sagu ini dapat dinikmati sambil berinteraksi dengan ikan-ikan penghuni sungai.


“Sering kesini mas, biasanya bareng dengan keluarga karena tempatnya yang asri. Kita juga bisa terapi patok ikan sambil makan beraneka ragam olahan sagu,” ungkap Amel, pengunjung asal Sugiharjo, Tuban kepada JTV, Rabu (26/04/2023).


Proses pengolahan sagu dilakukan secara manual tanpa bahan pengawet. Bahkan pembeli bisa menyaksikan secara langsung saat berada di warung. 


Tak hanya enak, tapi harganya juga sangat ekonomis satu cup bubur sagu dijual dengan harga Rp.5.000. Sementara untuk gendos sagu dijual dengan harga Rp.1.000 perbijinya.


Menurut para pedagang, kuliner serba sagu ini memiliki banyak penggemar. Seorang pedagang mampu menghabiskan sedikitnya 100 cup bubur dan dua kilo gendos sagu perharinya. 


“Pembeli rata-rata merupakan pengunjung wisata pelang. Kalua liburan gini, ramai mas, bisa habis lebih dari 100 cup bubur dan dua kilo gendos sagu per harinya,” jelas Tatik, salah satu pedagang.


Sementara itu, Ketua Pengelola Wisata Pelang, Agus mengungkapkan, saat libur lebaran seperti ini jumlah pengunjung meningkat hingga seratus persen.


“Jumlah pengunjung meningkat 100 persen disbanding hari biasanya,” katanya.

 

Bagaimana tertarik datang ke wisata pelang?. Untuk lokasinya hanya berjarak tujuh kilometer dari pusat Kota Tuban. (dzi/rok)