Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 27 Juni 2023, 16:19 WIB
Last Updated 2023-06-27T09:19:58Z
Pojok PituViral

Santri Ponpes di Jombang Mudik, Penumpang KAI Meningkat


JOMBANG - Masa libur sekolah berbarengan dengan libur panjang Hari Raya Idul Adha meningkatkan jumlah penumpang kereta api di Kabupaten Jombang. Peningkatan penumpang ini didominasi kalangan santri yang sengaja mudik pulang kampung. 


Kondisi tersebut seperti terpantau di Stasiun Jombang, Selasa (27/06/2023) pagi. Ratusan santri secara bergantian tampak mengantri menukarkan tiket di boarding pass lobi kereta api. Secara tertib, mereka masuk menunggu kedatangan kereta sesuai dengan tujuan masing masing penumpang.


Sejak memasuki masa libur sekolah minggu kemarin jumlah penumpang terus meningkat. Pihak kereta api setempat mencatat, kenaikan penumpang ini mencapai 40 persen dibandingkan hari biasa.


Para santri ini mengaku ingin pulang kampung merayakan hari raya sambil menikmati libur sekolah. Mereka berangkat menyesuaikan tiket yang didapatnya secara online. 


“Saya mondok di At Tahdzib Rejoagung Ngoro mau pulang kampung. Naik kereta karena nyaman,” tegas Ali Mustofa, santri asal Bandung.


Sementara itu, Kepala Stasiun Jombang, Efandi Setyobudi mengatakan, peningkatan penumpang ini terjadi sudah sejak jadwal liburan sekolah mulai. Jika hari biasa jumlah penumpang KAI mencapai 1300 penumpang sekarang sudah menyentuh angka 1900 hingga 2000 penumpang.


“Rata-rata penumpang dari stasiun kereta api melakukan mudik ke kampung halaman menuju kota-kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Jabodetabek. Mereka memilih transportasi kereta api karena jadwal keberangkatan bisa dipastikan dan nyaman,” jelasnya. (ful/rok)