Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 27 Juni 2023, 16:21 WIB
Last Updated 2023-06-27T09:21:17Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Bantu Penanganan Kebakaran, Dinas Damkar Bojonegoro Rekrut Ratusan Relawan Damkar Desa


BOJONEGORO – Untuk meminimalisir resiko musibah kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro merekrut ratusan relawan damkar tingkat desa. Para relawan ini, dibekali berbagai tehnik, keterampilan, dan kemampuan dasar khusus, terkait penanganan, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di lingkungan atau wilayahnya masing-masing.


Kegiatan tersebut salah satunya seperti yang dilakukan di Pendopo Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro, Selasa (27/06/2023). Relawan direkrut Damkar Bojonegoro, langsung mendapat pembekalan dan pelatihan khusus terkait penanganan musibah kebakaran. 


Materi pelatihan disampaikan langsung oleh para Pegawai Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro yang ahli di bidangnya. Diantaranya pemahaman tentang jenis-jenis kebakaran, mengidentifikasi titik api, perlengkapan yang harus digunakan, serta peralatan yang tepat untuk proses penanganan api agar mudah dipadamkan.


Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Gunawan menjelaskan, pihaknya terus menambah jumlah relawan damkar disetiap desa. Adapun hingga saat ini jumlah relawan sudah mencapai 360 orang. 


“Jumlah ini hampir tersebar merata di 430 desa dari 28 kecamatan, se Kabupaten Bojonegoro,” ungkapnya.


Gunawan menambahkan, keberadaan relawan ini dinilai penting. Sebab, akan menjadi pioner terkait penanganan kebakaran yang lebih efisien dan cepat menjangkau apabila ada kejadian kasus kebakaran di masyarakat.


“Selain punya tugas penanganan kebakaran. Relawan damkar juga membantu sosialisasi kepada masyarakat agar ikut mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.


Selain tehnik, para relawan juga dilatih untuk praktek langsung, antisipasi evakuasi penanganan kebakaran meski porsinya terbatas atau tidak seperti petugas pemadam kebakaran pada umumnya.


Diketahui, kasus kebakaran di Kabupaten Bojonegoro relatif masih tinggi, yakni mencapai 46 kasus kebakaran sepanjang Januari hingga pertengahan Juni 2023 ini. Dari jumlah tersebut, kasus kebakaran terbanyak menimpa pada bangunan perumahan, yang disebabkan kegagalan listrik dan aktifitas dapur. (lim/rok)