Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 29 Juli 2023, 15:49 WIB
Last Updated 2023-07-29T08:49:01Z
Tuban

Sepekan, Damkar Tuban Tangkap 3 Ular King Kobra dan Dumung Macan


TUBAN - Dalam sepekan terakhir, petugas dari pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban, menangkap sedikitnya 3 ekor ular berbisa. Ular beracun tersebut adalah jenis king kobra dan ular bandotan macan atau biasa disebut warga sebagai ular dumung macan.

Petugas Damkar Tuban, Soleh mengatakan, penangkapan pertama dilakukan di kawasan Kecamatan Singgahan. Ular king kobra sepanjang 2,5 meter masuk ke pemukiman warga.

“Warga yang takut langsung menghubungi damkar untuk dilakukan penangkapan. Meski sempat kesulitan, kami akhirnya berhasil menangkap ular berbahaya tersebut,” terangnya kepada JTV.

Selanjutnya, petugas juga menangkap ular kobra di kawasan Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban Kota. Ular berhasil ditangkap petugas damkar setelah bersembunyi di antara tumpukan kayu.

Sementara kejadian terakhir terjadi di sebuah toko makanan ringan di Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Sabtu (29/07/2023) siang. Ular jenis dumung macan sepanjang 1,5 meter bersembunyi di balik rak toko. Meski sempat menyerang petugas, ular berbisa ini berhasil diamankan.

“Ularnya sembunyi di rak toko snack. Panjangnya 1.5 meter. Ularnya langsung kita bawa ke kantor untuk ditangkar,” jelas Soleh.

Petugas pemadam kebakaran menghimbau agar masyarakat lebih waspada dan melapor kepada petugas jika menemukan kasus serupa. Pasalnya, kejadian ular berbisa masuk rumah di Tuban, makin sering terjadi belakangan ini.

“Seminggu ini mulai banyak lagi, sudah ada 3 ular berbisa yang kami tangkap,” pungkas Soleh. (dzi/rok)