Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 04 September 2023, 16:06 WIB
Last Updated 2023-09-05T06:51:22Z
TubanViewerViral

Kasus Kebakaran di Tuban Naik, Penyebab Didominasi Kelalaian


TUBAN - Hingga bulan Agustus tahun 2023, angka kebakaran di Kabupaten Tuban tembus 54 kejadian. Jumlah ini hampir menyamai kejadian kebakaran yang terjadi sepanjang tahun 2022 yang tercatat sebanyak 57 kejadian.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadi mengungkapkan, kejadian kebakaran tahun ini didominasi oleh kebakaran rumah dan tempat usaha. Sementara sisanya adalah kebakaran mobil, hutan, dan kejadian kebakaran lainnya.

Lanjut Gunadi, faktor penyebab kebakaran ini didominasi oleh kelalain. Seperti lupa mematikan kompor, kondisi instalasi yang tidak layak, ditambah dengan kondisi cuaca panas ekstrem dan fenomena el nino.

“Untuk itu, kami himbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap potensi yang dapat menyebabkan kebakaran. Mulai dari tidak membuang putung rokok sembarangan, meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, dan tidak membakar sampah sembarangan,” tegasnya saat ditemui JTV, Senin (04/09/2023).

54 kasus kebakaran ini, 46 diantaranya terjadi pada bulan Januari hingga Juli 2023. Sementara 8 sisanya terjadi pada bulan Agustus 2023. Melihat angka tersebut, jumlah kasus kebakaran tahun ini hampir dipastikan mengalami peningkatan signifikan jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

Meski nihil korban jiwa, namun kerugian akibat kebakaran selama tahun 2023 ini tercatat mencapai belasan miliar rupiah. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News