Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Senin, 04 September 2023, 15:45 WIB
Last Updated 2023-09-05T06:47:06Z
HUT RIKabar ApikViewerViral

Meriahnya Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Desa Tunah Tuban


KABAR APIK - Perayaan karnaval dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Minggu (04/09/2023) sore, berlangsung meriah.

Pantauan JTV di lokasi, acara ini secara simbolis diberangkatkan oleh Ketua Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Tunah, Siswanto dan Kepala Desa Tunah, Untung Subagiyono. Karnaval dibuka dengan pelepasan balon oleh Ketua PHBN dan Kades Tunah, serta dilanjutkan dengan penampilan atraksi barongsai. 


Rombongan karnaval pertama berasal dari Pemerintah Desa (Pemdes) Tunah. Kemudian dilanjutkan puluhan regu lain yang berasal dari masyarakat umum perwakilan RT atau RW, lembaga pendidikan mulai dari RA, SD maupun MI, MTs hingga Yayasan, TPQ dan Diniyah yang ada di Desa Tunah.

Para peserta terlihat antusias mengikuti karnaval dengan start di kawasan sendang Tunah dan finish di lapangan MTs Tunah ini. Tak hanya mengenakan pakaian adat Jawa, sejumlah peserta juga memakai pakaian adat daerah lain, seperti Bali, Papua, hingga adat Dayak.

Bahkan, ada peserta yang membuat gunungan buah siwalan setinggi 3 meter. Hal ini bertujuan untuk menunjukan hasil bumi yang ada di desa setempat. Pasalnya Desa Tunah merupakan salah satu desa penghasil siwalan terbesar di Kabupaten Tuban.

Dalam karnaval ini, para peserta harus berjalan sejauh 2,25 kilometer keliling desa. Sementara kriteria dalam penilaian lomba karnaval meliputi penilaian penataan barisan, kreativitas berbasis pelestarian kearifan lokal, harmonisasi, dan daya tarik.

Karnaval ini menyedot perhatian warga desa tunah dan sekitarnya. Ribuan warga tumpah ruah di tepi jalan, untuk melihat lebih dekat penampilan para peserta karnaval.

Ketua PHBN Desa Tunah, Siswanto mengatakan, karnaval ini diikuti oleh 38 peserta. Melihat antusiasme warga yang tinggi pada gelaran karnaval ini, diharapkan pada tahun selanjutnya bisa berlangsung lebih meriah lagi.

“Apalagi, kegiatan ini dapat meningkatkan kekompakan warga serta menumbuhkan rasa nasionalisme warga setempat,” tegasnya disela-sela acara.


Sementara itu, para peserta juga mengapresiasi acara dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI ke 78 ini. Meski sebagian peserta hanya tampil sebagai penggembira, namun mereka tetap antusias mengikuti karnaval ini hingga selesai.

“Sebenarnya ini konsep ada Bali. Tapi karena peserta yang ikut antusias, jadi sebagian berpenampilan lain. Semoga tahun depan lebih meriah lagi,” jelas David, salah satu peserta karnaval.

Sementara itu, juara 1, 2 dan 3 secara berturut-turut diraih oleh SDN Tunah 2, MI Miftahul Huda dan RT 01 RW 01. Sebanyak 3 juara beserta 3 juara harapan, akan mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan. (*/dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News