Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 10 Oktober 2023, 19:55 WIB
Last Updated 2023-10-10T12:55:29Z

Sepekan, 6 Ekor Ular Berukuran Besar Teror Pemukiman Warga Tuban


TUBAN - Dalam sepekan terakhir, teror ular kembali meresahkan warga di Kabupaten Tuban. Tak hanya berkeliaran di pekarangan, hewan liar tersebut juga menyelinap masuk rumah, sehingga membahayakan keselamatan anak-anak.

Salah satunya seperti yang terjadi di Perumahan Karang Indah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (10/10/2023) pagi. Ular piton sepanjang empat meter kepergok masuk rumah warga.

Beruntung pemilik rumah segera meminta bantuan Damkar Tuban. Hewan kelaparan ini pun berhasil dievakuasi petugas tanpa menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban, Gunadi mengungkapkan, dalam sepekan terakhir, pihaknya menangkap sedikitnya 6 ekor ular berukuran besar di tempat berbeda. Diantaranya di Desa Sambonggede, Desa Prunggahan, Desa Tegalbang, Desa Widang, Perumahan Bukit Karang serta Perumahan Karang Indah.

“Dalam seminggu terakhir, kita mengevakuasi 6 ular. Jenisnya piton dan cobra,” jelas Gunadi saat ditemui JTV di Kantornya.

Lanjut Gunadi, pihaknya menduga fenomena kemunculan ular ini disebabkan pengaruh suhu udara panas. Ular mencari sarang baru yang relatif lembab diantara rumah-rumah warga.

“Prediksi kami mereka muncul karena panas. Mereka kepanasan dan mencari tempat berlindung,” tegas Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban ini.

Seluruh ular yang tertangkap dipelihara sementara dalam sangkar besi besar di Kantor Satpol PP dan Damkar Tuban, sebelum kemudian dilepas liarkan kembali ke habitat asalnya. (dzi/rok)