Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 06 Februari 2024, 15:56 WIB
Last Updated 2024-02-07T07:12:33Z
LamonganViewerViral

Tanggul Jebol, Puluhan Rumah dan Ratusan Hektar Tambak di Lamongan Tergenang Banjir


LAMONGAN - Hujan deras selama hampir empat jam yang mengguyur kawasan Kabupaten Lamongan, pada Senin (06/02/2024) malam, membuat debir air kali plalangan di Kabupaten setempat naik drastis. Kondisi ini membuat dua titik tanggul di Desa Tambakploso, Kecamatan Turi, Lamongan, jebol.

Pantauan di lokasi, Selasa (06/02/2024), jebolnya tanggul ada terjadi di dua tempat. Yaitu di sebalah utara dan selatan dengan panjang masing-masing sepuluh dan lima belas meter. Air sungai mengalir deras menuju tambak dan kawasan pemukiman warga.

Data dari BPBD Lamongan, puluhan rumah warga dan ratusan hektar lahan tambak di sekitar titik lokasi jebolnya tanggul, terendam banjir. Ketinggian banjir bervariasi, antara 5 centimeter hingga empat puluh centimeter.

Kepala BPBD Kabupaten Lamongan, Joko Raharto mengatakan, jebolnya dua tanggul kali plalangan ini akibat debit air sungai yang meningkat drastis paska hujan deras yang mengguyur kawasan setempat.

“Saat ini kami memasang terpal dan gedek, serta karung berisi pasir dan tanah, sebagai tanggul sementara. Hal ini dilakukan, agar air tidak terus mengalir ke tambak dan rumah warga,” tandasnya. (fli/rok)
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News