Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 06 Juni 2024, 15:52 WIB
Last Updated 2024-06-06T08:52:58Z
BojonegoroViewerViral

Buka Pekan Batik di Bojonegoro, Pj. Gubernur Adhy Dorong Batik Jatim Mendunia


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat menggelar open ceremony pekan batik daerah budaya bangsa di Alun-alun Bojonegoro, Rabu (05/06/2024). Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 5 hingga 8 Juni 2024 ini mengusung tema “Batikku Batikmu Batik Kita Semua”.

Pekan batik daerah budaya bangsa ini digelar sebagai salah satu bukti keseriusan Pemkab Bojonegoro dalam melestarikan dan mengembangkan batik di Bojonegoro. Selain itu, juga untuk menumbuhkan semangat anak-anak muda di Bojonegoro agar menghasilkan beragam macam corak motif batik khas Bojonegoro.

Di sisi lain, pekan batik ini juga sekaligus membangkitkan semangat pelaku umkm, industri kecil menengah, dan memberdayakan ekonomi di Bojonegoro. Kegiatan pekan batik daerah budaya bangsa ini disambut antusias para pengrajin maupun pengusaha batik.

Rida risdiana, salah satu peserta mengaku, terselenggaranya kegiatan ini dinilai sangat menguntungkan pengrajin. Pasalnya, kegiatan ini dihadiri oleh pejabat dan OPD di Jawa Timur, sejumlah Bupati dan Wali Kota dari Jatim dan Jateng, serta sejumlah pihak lain yang punya jejaring dan pengaruh kuat.

Hal ini menurutnya dapat membantu mengenalkan dan mempromosikan batik yang dihasilkan oleh para pengrajin. “Kegiatan ini sangat membantu kami para perajin batik untuk promosi dan memasarkan produknya,” jelasnya kepada JTV.

Rida Risdiana mengungkapkan, Ia memproduksi sedikitnya 19 motif batik dan pengembangkan sedikitnya 45 batik khas bojonegoro. Salah satunya motif batik buah-buahan seperti belimbing, mangga, pisang, salak.

“Kemudian juga ada motif tempat wisata diantaranya bendungan gerak, kayangan api, waduk pacal dan geopark wonocolo,” tandasnya.

Pekan batik daerah budaya bangsa ini menyediakan sedikitnya 80 stand. Stand tersebut berisi berbagai macam pameran corak motif batik dari Kabupaten Bojonegoro maupun batik dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, serta terdapat pula produk ekonomi kreatif.

Menariknya, rangkaian pekan batik daerah budaya bangsa yang baru pertama kali di selenggarakan oleh Kabupaten Bojonegoro ini turut dilaksanakan lomba fashion batik evening gown, lomba ilustrasi desain tingkat SMA/SMK. Kemudian workshop batik dan kraf, talkshow strategi peningkatan pemasaran umkm, dan hiburan musik serta fashion show.

Opening ceremony pekan batik daerah budaya bangsa dibuka secara langsung oleh Pj Gubernur Jawa Timur dan Pj Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, beserta Pj Bupati Bojonegoro dan Pj Ketua Dekranasda Bojonegoro.

Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto mengatakan, acara pekan batik ini dapat menggerakkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, serta menjadi kebanggaan masyarakat Bojonegoro, terutama dapat mengenalkan berbagai macam corak serta motif batik khas Bojonegoro.

“Kami akan terus dorong kegiatan-kegiatan seperti ini diselenggarakan. Karena dampak positifnya sangat banyak, khususnya untuk meningkatkan perekonomian,” tegasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono sangat mengapresiasi kegiatan pekan batik daerah budaya bangsa ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari melestarikan budaya bangsa yakni batik, terutama di Provinsi Jawa Timur yang kaya akan batik dengan berbagai corak motif dari masing-masing daerah.

“Kami akan terus dorong batik di Jawa Timur agar mendunia. Kegiatan seperti ini sangat bagus dan menjadi salah satu jembatan untuk dikenal masyarakat luas dan melestarikannya,” katanya.

Selain itu, Pj Gubernur Jatim juga mengapresiasi kegiatan ini karena turut melibatkan langsung para pengrajin batik, para pengusaha di bidang batik dan aksesoris, sehingga mampu meningkatkan perekonomian. (edo/rok)