Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, July 4, 2020, 15:34 WIB
Last Updated 2020-07-04T08:34:43Z
Pojok PituViewer

11 Tahun Berburu Barang Kuno Untuk Dikoleksi


MAGETAN - Berburu barang kuno hingga ke desa-desa, menjadi hal biasa bagi kolektor atau penghobi barang-barang jadul. Di magetan,seorang warga mempunyai ratusan koleksi barang jadul. Dipajang di dinding rumah, hingga sebagian disimpan di dalam rumah.

Seperti inilah penampakan rumah wawan hariono, 43 tahun, warga lingkungan kauman kelurahan magetan, kecamatan, kabupaten magetan. Di dinding rumahnya, banyak barang kuno yang dipajang.

Ada alat-alat pertanian, barang elektronik, dan lainnya. Wawan yang juga kesehariannya berjualan s-t-m-j ini, memang penghobi barang kuno. Di rumahnya ada ratusan koleksi barang kuno.

Mulai barang elektronik, seperti radio atau tape recorder, hingga uang koin dan kertas rupiah masa lalu. Semua didapat karena penjelajahannya dari desa kedesa, selama kurang lebih 11 tahun.

Awalnya, ia mengaku prihatin, saat melihat ada barang-barang kuno, yang mempunyai sejarah namun tidak dirawat, sehingga ia berniat memilikinya dan dirawat di rumah.

Awal mula ia hobi mengoleksi sepeda angin kuno, hingga merambah ke koleksi barang-barang kuno lainnya.

Selain hobi mengoleksi untuk dirawat, barang-barang kuno tersebut juga dijual. Kalau ada yang minat, ia akan menjualnya, dengan harga yang sesuai.