Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, July 18, 2020, 12:12 WIB
Last Updated 2020-07-18T07:51:51Z
BojonegoroViewer

Peternak Di Bojonegoro Sediakan Sapi Berbobot Diatas 1 Ton


BOJONEGORO - Menyambut hari raya idul adha 1441 hijriyah. Seorang peternak di kabupaten bojonegoro, menyediakan khusus sapi kurban, dengan ukuran jumbo. Sapi berbobot diatas satu ton ini, disediakan khusus untuk para pengusaha maupun pejabat yang hendak berkurban, dengan patokan harga diatas seratus juta rupiah.

Di sebuah peternakan sederhana, di desa klepek, kecamatan sukosewu, kabupaten bojonegoro inilah. Kusnan, seorang peternak asal desa setempat, menyediakan empat ekor sapi super jumbo, dengan ukuran yang besar.

Sapi jenis limosin dan simental ini, rata-rata berumur empat hingga lima tahun, dan telah dirawatnya sejak setahun terakhir. 4 sapi milik kusnan seluruhnya telah mencapai bobot masing-masing satu ton, satu ton dua kwintal, hingga satu ton tiga kwintal. Ukurannya yang besar, membuat harga sapi ini, sangat rata-rata seratus juta rupiah, atau jauh lebih mahal dibanding sapi pada umumnya.

Kusnan menuturkan, untuk mendapatkan sapi dengan ukuran super jumbo seperti ini. Dibutuhkan perawatan khusus, bahkan untuk makanannya saja, setiap hari harus memberikan tambahan suplemen atau multivitamin .

Sementara untuk menjaga agar sapi tidak mengalami patah kaki karena ukurannya yang sangat besar. Dirinya juga menjaga sapi agar tidak beraktifitas terlalu banyak. Namun, di masa pandemi ini, pesanan sapi jumbo miliknya diakui menurun daripada tahun lalu .

Saat ini, kusnan, masih menunggu pembeli. Selain pengusaha yang menjadi langganannya untuk pemesan sapi dengan ukuran jumbo ini, seringkali juga datang dari kalangan pejabat pemerintahan.

Diantara pejabat penting yang pernah memesan sapi dipertenakannya ini, adalah presiden republik indonesia joko widodo di tahun 2015, serta mantan gubernur jawa timur soekarwo sebanyak dua kali saat masih menjabat sebagai gubernur jawa timur.

selain kerap kali menjadi langganan pengusaha dan pejabat saat momen idul adha. Sapi-sapi jumbo yang dikembangkan kusnan, kerapkali juga menjadi juara kontes diberbagai daerah. Diantaranya pernah juara di malang, kediri, situbondo, serta bondowoso.

Selain menyediakan sapi dengan ukuran jumbo, kusnan tahun ini juga mempunyai ternak sapi sebanyak 60 ekor sapi dengan ukuran sedang.