Iklan

jtvbojonegoro
Friday, August 28, 2020, 16:52 WIB
Last Updated 2020-08-31T15:42:31Z
Kabar ApikViewer

Dorong Pelestarian Budaya, Setiajit Ikuti Jamasan Pusaka


KABAR APIK - Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian budaya, dan merawat keberadaan benda-benda pusaka. Badan kebudayaan nasional dewan pimpinan cabang pdi perjuangan kabupaten tuban bersama bakal calon bupati tuban setiajit dan budayawan tuban, menggelar jamasan pusaka di desa prunggahan kulon, kecamatan semanding, kabupaten tuban, pada kamis sore kemarin.
 
Dalam acara ini, setiajit datang dengan mengenakan pakaian adat tuban kuno serta membawa pusakanya untuk dijamas. Selain dihadiri setiajit dan badan kebudayaan nasional pdi perjuangan. Acara ini juga dihadiri budayawan, seniman, pecinta benda pusaka serta tokoh masyarakat desa setempat.
 
Acara diawali dengan tasyakuran khas tuban dengan tumpeng dan aneka makanan tradisional, yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Sebelum jamasan dimulai setiajit bersama kepala desa prunggahan kulon, darko, melepas burung perkutut sebagai wujud harmoni dan keselarasan.
 
Setelah itu, bakal calon bupati yang berpasangan dengan armaya mangkunegara ini, menyerahkan pusakanya untuk disucikan dengan cara ritual, melalui tahapan demi tahapan.
 
Menurut setiajit, jamasan pusaka ini merupakan tinggalan leluhur yang dilestarikan. Untuk itu, dirinya sengaja hadir dan ikut mendorong agar pelestarian budaya di kabupaten tuban ini tetap dijaga. Bahkan bakal calon bupati kelahiran merakurak ini juga ingin akulturasi budaya yang mengandung nilai-nilai luhur ini harus dikembangkan.
 
Dalam kegiatan ini, setiajit juga terlibat diskusi dan berdialog seputar budaya dan seni dengan para undangan. Selain mengapresiasi kegiatan ini, setiajit juga berjanji akan terus mendorong dan mengembangkan budaya-budaya tinggalan leluhur di tuban. Jangan sampai, budaya yang sudah luar biasa indah dan bagus ini, kemudian terkena infiltrasi budaya asing.
  
Sementara itu, menurut ita harianti, kepala badan kebudayaan nasional dpc pdi perjuangan tuban. Kegiatan ini digelar sebagai wujud uri-uri, menggali, serta menjaga kebudayaan nenek moyang, yang kemudian akan diwariskan kepada anak cucu.
 
BKN PDI Perjuangan bersama setiajit, mengadakan jamasan pusaka ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat pusakanya dengan baik. Kegiatan jamasan sendiri merupakan tradisi, yang dulunya sering dilakukan setiap bulan suro atau bulan muharram.
 
Para pecinta budaya dan seni di tuban berharap, setiajit yang dinilai menjadi salah satu calon bupati yang peduli dengan seni dan budaya di tuban ini. Kedepan bisa membuat kebijakan yang pro dengan pelestarian seni dan budaya. Bahkan, mereka siap mendukung dan memenangkan setiajit-armaya di pilkada tuban 9 desember 2020 mendatang.
  
Sekedar diketahui, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tuban, setiajit-armaya mangkunegara diusung lima partai politik untuk maju di pilkada tuban 9 desember 2020. Yakni PDI Perjuangan, PAN, PPP, Hanura dan PBB. Bahkan tidak menutup kemungkinan partai lain juga akan bergabung.