Iklan

jtvbojonegoro
Tuesday, August 18, 2020, 15:34 WIB
Last Updated 2020-08-18T08:56:52Z
BojonegoroViewer

Puluhan Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi

 

 

BOJONEGORO - Di tengah pandemi virus korona,tak menghentikan warga untuk menggelar tradisi sedekah bumi. Seperti di bojonegoro,puluhan warga berebut isi gunungan berisi aneka hasil bumi.selain menjalankan tradisi  leluhur sebagai wujud sukur kepada tuhan,kegiatan ini juga untuk mendoakan agar virus covid19 segera berahir.

Tradisi sedekah bumi ini berlangsung di desa sumodikaran, kecamatan dander, kabupaten bojonegoro. Gunungan berisi aneka macam hasil bumi ini, diarak keliling kampung oleh puluhan warga,dengan diiringi alunan musik tradisional.

Setelah diarak keliling kampung.selanjutnya gunungan dibawa ke area pemakaman desa setempat.makam dipilih sebagai tempat sedekah bumi sekaligus untuk berziarah dan mendoakan para leluhur yang sudah meninggal.

Setelah serangkaian ritual dan doa dipanjatkan.puluhan warga langsung berebut isi gunungan,seperti sayuran, jagung,ubi ubian serta beraneka macam hasil bumi lain.

Selain untuk mendoakan para lelulur dan menjalankan tradisi,kegiatan ini merupakan wujud sukur kepada tuhan,atas rizki yang diterima.