Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Monday, August 17, 2020, 15:32 WIB
Last Updated 2020-08-17T09:38:50Z
TubanViewer

Warga Tuban Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 75 Meter


TUBAN - Berbagai cara dilakukan warga untuk memperingati dan merayakan hari kemerdekaan republik Indonesia  , di tengah pandemi covid-19. Di desa socorejo, kecamatan jenu, kabupaten tuban. Warga melakukan kirab bendera putih raksasa sepanjang 75 meter keliling kampung.

Arak-arakan bendera merah putih raksasa ini, sebagai wajud nasionalisme warga, serta untuk merayakan hut ri ke-75 tahun, di tengah wabah covid-19. Arak-arakan ini, dipimpin oleh kepala desa serta dikawal ketat oleh petugas dari tni dan polisi.
 
Warga yang mengetahui bendera raksasa akan melewati rumah mereka, langsung bergegas keluar rumah dan memberikan hormat kepada bendera merah putih. Hal itu, sebagai simbol nasionalisme anak bangsa, dan wujud rasa cinta terhadap negara kesatuan republik Indonesia .
 
Alasan pengibaran bendera merah putih yang sebelumnya diarak keliling kampung tersebut disebabkan, karena belum diperbolehkan melakukan perayaan, akibat masih dalam masa pandemi. Oleh karena itu dilakukan dengan kirab, dan masyarakat juga ikut menghormati sang saka merah putih di sepanjang perjalanan. Meski demikian, kirab bendera merah putih ini tetap disambut antusias warga.
 
Sementara itu, kepala desa socorejo, zubas arief rachman hakim, mengatakan, dalam merayakam hari kemerdekaan ri ke-75 ini. Pemdes socorejo bersama warganya, menggelar arak-arakan bendera merah putih raksasa, sekaligus upacara pengibaran bendera merah putih di tepi pantai setempat. 
 
Upacara dilakukan dengan cara sederhana dan berlangsung khimad serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Warga berharap, di hari kemerdekaannya republik Indonesia  ke 75 ini. Bangsa Indonesia  bisa lebih maju, aman dan sejahtera serta badai virus corona segera berlalu.